Perkuat Kerukunan dan Akar Budaya Bangsa, Majelis Silaturahim Kampung Gerogol Depok Gelar Haul Akbar

DEPOK (KM) – Majelis silaturahim Kampung Gerogol merayakan miladnya yang pertama dengan menggelar acara Haul Akbar bertema “Gerogol bersholawat Gerogol Bersatu, Melanjutkan Perjuangan Para Sepuh, Menjaga dan Melestarikan Budaya & Tradisi Lokal Sesuai Dengan Akar Budaya Bangsa”.

Acara yang diketuai oleh Ustadz Zainuddin Haq tersebut, dilaksanakan di Jl. Mandor Basar, Rangkapan Jaya, kota Depok dan dilakukan selama dua hari, yakni tanggal 22 sampai 23 Februari 2024.

Pada hari pertama, acara dibuka dengan parade qasidah, marawis, dan hadroh. Parade tersebut diikuti oleh 60 lebih peserta se-kota Depok.

Dalam kesempatannya, Ustadz Tb Maulana Abdul Khaliq selaku ketua majelis menyampaikan, bahwa dalam konteks masa kini, acara ini membahas mengenai silaturahim, kerukunan, dan bagaimana orang-orang yang bertempat tinggal di Gerogol saling terkait.

Sementara itu, Romo Dony Satrio Wibowo dari Lesbumi Kota Depok yang turut hadir dalam giat tersebut menambahkan kesan dan pesannya. “Haul Kampung Gerogol ini unik, karena biasanya haul lain memperingati tokoh atau leluhur yang berjasa. Tapi kali ini yang diperingati adalah terbentuknya suatu kampung,” ujarnya.

“Acara ini cukup luar biasa, dengan animo masyarakat yang tidak terduga dengan respon yang bagus,” tambah Ridwan Yona, salah seorang Koordinator acara.

Ketua pelaksana acara, Ustadz Zainuddin Haq juga berkesempatan menjelaskan runtutan acara yang akan dilaksanakan pada hari kedua, yaitu pembukaan dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Jami An-Nur (salah satu masjid tertua di kampung Gerogol), dan dilanjutkan ziarah ke pemakaman Gerogol.

Zainuddin juga menyebutkan beberapa tokoh lainnya juga akan hadir dalam acara di hari kedua, yaitu Brigjend. Pol. R. Ahmad Nur Wakhid, SE. MM, KH. Syahrul Ramadhan, dan Ustadz H. Syamsuri Firdaus (Qori internasional), dengan Bang Cablak selaku pembawa acara.

Reporter : Sudrajat
Editor : Redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*