Kuatkan Momentum Hari Menanam Pohon 2023, BPN Kota Depok Hadiahi Bibit Pohon Durian ke Warga Penerima Sertifikat

Kepala BPN Kota Depok saat menyerahkan bibit pohon ke warga penerima sertifikat, Rabu (29/11). Dok.BPN Kota Depok

DEPOK (KM) – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok punya cara unik dalam mendukung program penghijauan lahan, yakni dengan memberikan bibit durian, mangga, jambu, dan rambutan bagi masyarakat penerima sertifikat. Langkah BPN tersebut bekerja sama dengan pihak PLN (Persero) melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan.

 

Pemberian bibit durian, mangga, jambu, rambutan, yang digagas Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok Indra Gunawan tersebut sebagai upaya mendukung program penghijauan lahan di kota belimbing, juukan kota Depok.

 

Pemberian bibit tersebut bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia 2023, yang jatuh pada tanggal 28 November 2023 dan dirayakan secara serentak di  Jabodetabek.

 

“Gagasan ini lahir dari upaya untuk menjaga dan memulihkan lingkungan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam,” ujar Indra Gunawan saat menyerahkan bibit pohon ke warga penerima sertifikat di halaman Kantor BPN Kota Depok.

 

Indra Gunawan menegaskan kegiatan penanaman pohon ini diharapkan tidak sebatas simbolis, tetapi juga memiliki dampak langsung terhadap lingkungan.

 

“Setiap pohon yang ditanam akan membantu menyerap karbon dioksida, salah satu gas rumah kaca utama, dan menghasilkan oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas,” ujar Indra Gunawan.

 

“Hari Menanam Pohon Nasional adalah pengingat bagi kita semua bahwa setiap individu memiliki peran dalam menjaga dan melindungi lingkungan. Mari kita tanam lebih banyak pohon dan jaga bumi kita,” lanjut Indra.

 

Ditambahkannya, Hari Menanam Pohon Indonesia 2023 merupakan pengingat bagi kita semua bahwa setiap individu memiliki peran dalam menjaga dan melindungi lingkungan.

 

“Setiap pohon yang kita tanam akan membantu kita untuk bernapas, untuk keberlangsungan hidup. Ayo manfaatkan lahan tanah yang ada untuk kelestarian dan mendukung lingkungan yang asri,” jelasnya.

 

Untuk diketahui, pemberian bibit pohon durian atau jenis lainnya untuk penerima sertifikat, merupakan upaya menguatkan momentum Hari Menanam Pohon Indonesia 2023 yang diharapkan menjadi tradisi yang diikuti warga Kota Depok.

 

Sementara itu, Surahman selaku warga Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos yang menerima bibit durian mengaku kaget mendapatkan pemberian tersebut.

 

“Ya kaget saja, eh diberi bibit pohon durian. Yang memberi langsung dari Pak Indra Gunawan (Kepala Kantor Pertanahan Depok). Kaget campur senang dah,” tutur Surahman yang kebetulan sebagai RW di lingkungannya.

 

Surahman mengaku tengah mengajukan permohonan peningkatan hak dan hari ini telah mendapatkan sertifikat yang diharapkannya.

 

“Saya datang langsung mengurus, ikuti aturan, prosesnya berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Petugas pelayanan dan staf di BPN Kota Depok respon sekali, ya saya senang hari ini terima sertifikat plus diberi bibit pohon durian,” pungkas Surahman seraya melepas senyum.

 

Reporter : Sudrajat
Editor : Redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*