Rawat Keaslian Seni Tradisi Pencak Silat, DPD PPSI Kota Depok Akan Gelar Pelatihan Ibing Penca se Kota Depok

Kontingen DPD PPSI Kota Depok Dalam Acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Se-Jawa Barat Tahun 2023 yang digelar di Stadion Gelora Banjar Patroman (24/8/2023)

DEPOK (KM) – Dalam rangka melestarikan seni tradisi pencak silat, Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Pencak Silat Indonesia (DPD PPSI) Kota Depok akan menggelar kegiatan Penataran Pelatih Ibing Penca se Kota Depok pada tanggal 22 September 2023.

Kegiatan tersebut rencananya akan diselenggarakan di Alun-alun Kota Depok, Jalan Boulevard Grand Depok City Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat dan menargetkan keikutsertaan peserta dari 200 perguruan/sanggar.

Hal tersebut diungkapkan Sekjen DPD PPSI Kota Depok, Royadih saat diwawancara Kupasmerdeka.com pada hari Rabu sore, 6 September 2023.

“Kalau untuk saat ini yang mendaftar baru 20 sanggar/perguruan, itu pun yang berdekatan, undangan untuk perguruan memang belum kita sebar semua. Untuk target peserta 200 perguruan/sanggar, adapun yang dari luar Depok silahkan kalau mau mendaftarkan diri,” terang Royadih.

Royadih juga menjelaskan, bahwa PPSI hadir di Kota Depok semata-mata untuk membangkitkan semangat merawat keaslian seni tradisi pencak silat di Kota Depok yang telah diwariskan para leluhur dan hal tersebut menurutnya sudah sangat patut untuk dijaga kelestariannya.

“Pengurus DPD PPSI Depok dilantik pada Maret 2022 dan saat ini sudah lebih dari 30 perguruan dan sanggar yang bergabung. Untuk kegiatan dalam waktu dekat yaitu pada 22 September 2023 ini akan mengadakan pelatihan Penca Ibing di Alun-alun kota Depok,” terangnya.

Menurutnya, karena silat di Kota Depok ini lebih ke Betawian, maka adanya PPSI ingin lebih mengembangkan agar silat tersebut tidak hilang ketradisiannya.

Penca (Penca Silat Jawa Barat) sendiri merupakan seni budaya peninggalan leluhur bangsa Indonesia yang sudah dicatat sebagai salah satu Warisan Budaya TakBenda Indonesia (WBTB) sejak Januari 2016 silam, sehingga memang sudah sepatutnya untuk terus dikembangkan dan dilestarikan keberadaannya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD PPSI Kota Depok, H. Sarjuni yang berharap kegiatan pelatihan Ibing Penca yang akan digelar tersebut mampu mendorong pengembangan eksistensi perguruan dan sanggar silat di Kota Depok.

“Kalau visi misi PPSI sendiri yaitu untuk mengembangkan seni budaya dan menjaga marwah silat tradisinya, simple nya sih seperti itu,” ujar H. Sarjuni yang populer disapa Ki Jujun dan merupakan tokoh pengembang seni Palang Pintu, Berebut Dandang, dan pencipta tari Gong si Bolong.

Lebih lanjut Ki Jujun mengungkapkan, baru-baru ini DPD Depok termasuk yang hadir dalam acara Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat Se-Jawa Barat Tahun 2023 yang digelar di Stadion Gelora Banjar Patroman di Kecamatan Langensari, Kota Banjar, pada tanggal 24 Agustus 2023 lalu.

“Itu acara besar PPSI Jawa Barat yang dihadiri 10 ribu peserta dari 25 DPD termasuk Depok, di mana Museum Rekor Indonesia (Muri) mencatat rekor peserta Pasanggiri Seni Ibing Pencak Silat terbanyak,” jelasnya.

“Target ke depan, kita ingin kegiatan PPSI ini bisa masuk dalam muatan lokal di sekolah-sekolah agar silat tradisi kita ini jangan sampai punah, itu harapan kita supaya anak-anak.generasi bangsa kita bisa lebih mencintai seni budaya tradisi asli bangsa nya sendiri,” harapnya.

“Mohon doa dan dukungan semua pihak agar acara besok bisa sukses terlaksana, dan mudah-mudahan ini bisa menjadi titik awal perkembangan Ibing Penca di Kota Depok dan seterusnya,” pungkasnya.

Reporter : Sudrajat
Editor : Redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*