Program Seputar Indonesia Hilang dari RCTI, Ini Kata Bahrul Alam

Penyiar RCTI dalam acara Seputar Indonesia, Bahrul Alam dan Dana Iswara (Foto: ist)

TANGERANG (KM) – HUT RCTI ke-34, mantan penyiar RCTI, Bahrul Alam (BA) menulis tentang hilangnya program Seputar Indonesia dari RCTI. Penulis berpendapat bahwa program tersebut merupakan bagian penting dari sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia, karena telah mengawali lahirnya citizen journalism di era analog.

BA juga membandingkan kondisi penyiaran saat ini dengan masa lalu.

“Dulu, penyiaran masih bersifat analog dan membutuhkan perangkat pendukung yang kompleks. Namun, saat ini, digitalisasi telah menjangkau seluruh pelosok Nusantara, sehingga penyiaran menjadi lebih mudah dan terjangkau,” ungkapnya, Sabtu (26/8/2023).

 Fans BA, Ahmad M mengatakan setuju dengan BA bahwa program Seputar Indonesia merupakan bagian penting dari sejarah perjalanan demokrasi di Indonesia.

“Program tersebut telah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemberitaan sehingga dapat membantu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah,” ujarnya.

BA juga mengatakan digitalisasi telah mengubah cara kita mengonsumsi informasi.

“Kini, kita dapat mengakses informasi dari berbagai sumber dengan mudah dan cepat. Namun, hal ini juga menimbulkan tantangan baru, yaitu maraknya informasi hoaks dan disinformasi,” jelasnya dalam laman facebook pribadinya.

BA kemudian mengatakan mungkin kita berada di ujung jaman, di mana orang-orang semakin sulit untuk berpisah dari gadget dan interaksi sosial langsung.

Fans BA, Ahmad M percaya bahwa teknologi digital dapat digunakan untuk kebaikan, jika digunakan secara bertanggung jawab.

Reporter: Mso

Editor: red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*