Perbaiki Perkakas Sendiri, Ini Daftar Alat Pertukangan yang Wajib Dimiliki

Gambar tang

(Foto sumber: freepik.com)

JAKARTA (KM) – Untuk perbaikan ringan perkakas, Anda tidak perlu memanggil tukang karena Anda bisa memperbaikinya sendiri. Alat perkakas dan pertukangan adalah alat yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan perlengkapan rumah dan membuat perabot sederhana untuk keperluan rumah tangga.

Dengan keterampilan dan alat pertukangan yang Anda miliki bisa lumayan berhemat karena tidak harus selalu memberi perabot yang sebenarnya bisa dibuat sendiri.

Alat ini sangat membantu Anda dalam memperbaiki kerusakan perlengkapan rumah yang bisa terjadi kapan saja. Berikut alat wajib yang perlu dimiliki untuk perbaikan tersebut.

1- Obeng

Obeng adalah alat yang digunakan untuk melepas baut putar atau sekrup yang biasanya ada pada bermacam jenis piranti. Bentuknya ada dua jenis, obeng plus dan minus. Ukurannya juga beragam, Anda bisa membeli sesuai ukuran baut yang akan dipasang atau dilepaskan.

2. Tang

Tang merupakan alat untuk menjepit dan mencabut paku. Ada juga jenis yang bisa berfungsi sebagai pemotong. Dengan tang Anda bisa memutar, membelokkan dan mencabut paku dan sekrup.

3. Kunci inggris

Kunci inggris adalah alat yang berguna untuk memutar atau melepaskan mur dan baut. Alat perkakas satu ini bisa disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur dan baut yang akan dilepas.

4. Meteran

Meteran biasa digunakan untuk mengukur kayu atau bahan yang digunakan untuk membuat perlengkapan maupun perabot. Untuk keperluan pertukangan ada yang menggunakan rak gulung sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

5. Pisau serbaguna

Seperti namanya, Anda bisa menggunakan pisau jenis ini untuk berbagai keperluan. Beberapa jenis bisa digunakan untuk memotong kawat, kabel dan bahan lainnya. Namun ada juga yang hanya bisa digunakan untuk memotong bahan yang lunak.

6. Bor

Anda bisa menggunakan bor untuk membuat lubang pada berbagai jenis bahan. Ada yang hanya bisa digunakan untuk membuat lobang pada kayu, namun ada juga yang mampu melubangi tembok, bahkan permukaan keras seperti yang terbuat dari bahan logam.

Jenis bor yang sekarang banyak digunakan menggunakan tenaga listrik sehingga apabila Anda akan menggunakan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Namun ada juga yang bekerja secara manual. Jadi jika Anda akan menggunakan harus menggerakkannya menggunakan tangan.

7. Paku

Paku terbuat dari bahan yang keras dan mempunyai ujung runcing. Guna paku adalah untuk menyatukan dua bagian bahan agar lebih kuat. Ada jenis paku yang cara pemasangannya dengan dipukul menggunakan palu. Selain itu, ada juga yang dipasang dengan menggunakan obeng.

Selain daftar alat perkakas dan pertukangan di atas, ada juga beberapa alat perkakas lain yang bisa Anda pertimbangkan untuk dimiliki, seperti aneka gergaji, gerinda, sander, meteran laser, laser level, waterpass dan palu.

Itulah daftar alat perkakas dan pertukangan yang wajib dimiliki. Dengan memiliki alat-alat tersebut, Anda bisa memperbaiki kerusakan perlengkapan rumah dan membuat perabot sederhana untuk keperluan rumah tangga.

Salah satu merek alat pertukangan dan perkakas terpercaya adalah Kenmaster. Produsen satu ini terkenal memproduksi alat yang berkualitas. Anda bisa membeli peralatan tersebut di Blibli yang merupakan marketplace terlengkap dan terpercaya. 

Anda tidak perlu khawatir berbelanja di Blibli karena selain mudah, murah, juga aman. Alternatif untuk cara pembayarannya pun beragam dan Anda bebas memilih sesuai keinginan. Selain itu, Blibli seringkali memberikan diskon dan promo ongkir yang bisa Anda manfaatkan. Yuk, download Blibli sekarang juga  dan temukan seller terpercaya untuk produk kebutuhan Anda.

Reporter: Tim KM

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*