Lomba Melukis Batang Rokok dengan Ampas Kopi Digelar di Sidoarjo

Lomba seni nyete di Sidoarjo, Jumat (18/8/2023)

Sidoarjo (KM) – Sebanyak 100 peserta mengikuti lomba melukis batang rokok dengan ampas kopi yang digelar oleh Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu (18/8). Lomba tersebut digelar untuk melestarikan tradisi lokal sekaligus untuk ajang kreatifitas sesama penikmat kopi.

Lomba melukis batang rokok dengan ampas kopi yang biasa disebut dengan “nyete” ini membutuhkan ketlatenan dan kehati-hatian. Bahan yang digunakan adalah ampas sisa minuman kopi dan susu kental manis. Cethe yang telah siap dilukis dibatang rokok menggunakan tusuk gigi dan dibentuk sesuai kreatifitas peserta.

Panitia lomba menentukan juara melalui kerapian, kebersihan maupun kreatifitas bentuk lukisannya. Hexa, salah seorang peserta mengatakan agar mendapatkan lukisan yang sempurna harus membutuhkan ketepatan dan campuran meracik ampas kopi dan susu kental manis. Untuk hasil yang sempurna dibutuhkan skill melukis juga.

Ketua panitia lomba, Desna Albar, mengatakan bahwa lomba nyete ini sengaja digelar untuk melestarikan tradisi lokal sekaligus untuk ajang kreatifitas sesama penikmat kopi.

“Kami sengaja menggelar lomba nyete ini untuk melestarikan tradisi lokal sekaligus untuk ajang kreatifitas sesama penikmat kopi,” ujar Desna.

Desna menambahkan bahwa acara yang diadakan oleh SAPMA Pemuda Pancasila Sidoarjo ini merupakan salah satu agenda kegiatan yang sudah di rencakan dalam bulan Agustus ini.

“Kegiatan yang sangat positif ini untuk mengajak warga dan kawula muda untuk berkreasi dan bisa menunjukkan bakat dalam dirinya. Bakat para penerus bangsa sesuai dengan cita cita para pahlawan atau pejuang kita,” tandas Desna.

Lomba melukis batang rokok dengan ampas kopi ini mendapat antusiasme yang tinggi dari warga Sidoarjo. Peserta lomba datang dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Lomba ini juga menjadi ajang silaturahmi dan persaudaraan antar penikmat kopi.

Pemenang lomba melukis batang rokok dengan ampas kopi ini berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala, dan sertifikat. Lomba ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk terus berkreasi dan mencintai budaya lokal.

Reporter: AHF

Editor: redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*