Kapolres Kendal Hadiri Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan

Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan hadiri kegiatan apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan di lapangan Alun-alun Kabupaten Kendal, Kamis (24/8/2023)

KENDAL (KM) – Polres Kendal menggelar apel siaga bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2023 yang dipimpin oleh Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki di lapangan Alun-alun Kabupaten Kendal, Kamis (24/8).

Selain Kapolres Kendal, turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Jenry Poli, Kajari Kendal diwakili Kasidatun Bladhika Surengpati, Ketua PN Kendal diwakili Hakim Bustarudin, Wakapolres Kendal Kompol Edy Sutrisno, Sekda Kendal Sugiono, Ka BPBD Kendal Sigit Sulistyo, OPD Kabupaten Kendal, PJU Polres Kendal, Kapolsek Jajaran dan para relawan.

Dalam apel siaga tersebut dilakukan pengecekan sarpras dan simulasi. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dengan telah ditetapkannya status siaga darurat bencana karhutla tahun 2023 beberapa waktu yang lalu.

Wakil Bupati Kendal H. Windu Suko Basuki mengatakan bahwa musim kemarau telah tiba, sehingga perlu kewaspadaan dan kesiagaan menghadapi potensi bencana karhutla. Hal ini penting untuk menghindari jatuhnya korban jiwa atau kerusakan yang menimbulkan kerugian harta benda.

Untuk mengantisipasinya, Wakil Bupati Kendal mengimbau untuk membentuk tim siaga dan penanaman pohon di daerah rawan bencana. Selain itu, semua elemen masyarakat juga diharapkan berpartisipasi melakukan pencegahan karhutla, seperti mematikan api unggun, tidak membakar sampah sembarangan, dan tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Sementara itu, Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan SIK meminta seluruh pihak untuk selalu berkoordinasi terkait upaya penanggulangan karhutla.

“Lakukan koordinasi melekat antar instansi, bagi personel yang terlibat laksanakan imbauan secara masif, jika ada titik asap harus sesegera mungkin di lakukan pemadaman dan koordinasikan, Pemerintah Kabupaten Kendal juga telah menyiapkan sarana dan prasaran guna pencegahan,” tegas Kapolres.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya karhutla antara lain mematikan api unggun dan peralatan pembakaran lainnya setelah digunakan, jangan membakar sampah sembarangan dan jangan membuang puntung rokok sembarangan.

Dengan meningkatkan kewaspadaan dan upaya pencegahan, diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya karhutla.

Reporter: Evie HS

Editro: red

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*