Kepala Desa Binong Serang Bangun Jalan Usaha Tani, Warga Apresiasi Karena Akses Pertanian Lancar

SERANG (KM) – Jalan Usaha Tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan gerobak) untuk memfasilitasi mobilitas alat dan mesin pertanian, sarana pengangkutan produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan pembangunan.

Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) Rabat Beton Kp.Asem Tengah- Kp Pagadungan, Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang dengan pekerjaan Pemeliharaan Jalan Utama Tani (JUT) yang menelan anggaran sebesar 111.275.500, Volume 234 m x 2 x 0,15 m yang bersumber Dana dari APDES Tahun 2023 tahap 1.

Dalam pelaksanaanya pembanguan Jalan usaha tani (JUT) Rabat beton yang berlokasi di Kp.Asem Tengah- Kp Pagadungan dengan spesifikasi Panjang 234 m, Lebar 2 m, dan ketebalan 0,15 cm dengan anggaran sebesar 111.275.500, dari Sumber Dana APDes Tahun 2023 yang melibatkan tenaga kerja lokal secara system Swakelola Padat Karya.

Kepala Desa Binong Iyat Suryati mengatakan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) ini sangat diharapkan sekali oleh warga masyarakat di areal pertanian.

“Alhamdulillah sudah terwujud,” ungkap Kades, Kamis (4/5).Dalam proses pengerjaannya memakai system swakelola padat karya yang tentunya melibatkan penduduk setempat.

“Ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat serta membuka lapangan pekerjaan bagi warga setempat,” ujarnya.

“Semoga dengan hasil pekerjaan yang dikerjakan menjadi dampak yang baik sebagai transportasi para petani, para pedagang, para pekerja buruh, anak-anak sekolah dan berbagai aktivitas lainnya serta mudah- mudahan antara pemerintah desa dan masyarakat bisa terus bersinergi dan saling menjaga dan merawat segala pembangunan agar dapat bertahan lama dan bermanfaat,” kata Kades.

Ketua RT Kp Pagadungan Ujang Jumala sangat mengapresiasi adanya pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT).

“Saya selaku perwakilan dari warga masyarakat Kp Pagadungan mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Kades Binong dan segenap Pemerintah Desa Binong. Pembangunan jalan Kp Asem- Pagadungan ini sangat membantu terhadap aktivitas warga,” ucap Ujang.

Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) yang menghubungkan antara Desa Binong Dan Desa Pasir Kembang memudahkan transportasi khususnya dalam bidang pertanian, akan lebih cepat mengangkut hasil panen padi warga dan para pedagang pengguna roda dua.

“Pembangunan jalan ini bermanfaat sekali untuk pengguna jalan yang melintas,” tutupnya.

Reporter: Acuns S

Editor: redaksi

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*