Banser NU Kawal PC Muhamadiyah Laksanakan Shalat Idul Fitri 1444 H di Parungpanjang

Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor menurunkan anggota Banser untuk lakukan pengamanan dan pengawalan warga PCM Muhammadiyah menjalankan shalat Idul Fitri 1444 H di Kantor Pemasaran Perumnas 2 Parungpanjang, Hari Jumat (21/4/2023) (Dok : Hari Setiawan Muhammad Yasin/KM)

BOGOR (KM) РPimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor menurunkan anggota Banser untuk melakukan giat sosial berupa pengamanan dan pengawalan warga Muhammadiyah yang menjalankan sholat Idul Fitri 1444 H lebih awal dari penetapan Pemerintah Republik Indonesia yaitu di Kantor Pemasaran Perumnas 2 Parungpanjang pada Jumat (21/4). 

Pantuan wartawan kupasmerdeka.com shalat Idul Fitri dihadiri sekitar 500 jamaah berjalan aman, tertib dan kondusif.

Ketua PAC GP Ansor Parungpanjang Abdul Hajad mengatakan apa yang dilakukan banser merupakan bentuk khidmat dalam berbangsa dan bernegara.

“Berbeda itu bukan laknat tapi rahmat artinya ada kasih sayang Allah SWT disitu dimana dari berbeda itu lah akan muncul rasa dan sikap saling menghormati, bertoleransi, berkasih sayang antar sesama, saling menjaga dan bisa bekerjasama,” ujarnya.

Menurut Abdul Banser merupakan barisan ansor serba guna yang diisi generasi muda yang siap berkontribusi untuk kemaslahatan ummat. 

“Kami diminta untuk bantu pengawalan dan pengamanan warga Muhammadiyah kami respin ini sebagai bentuk komitmen kami sebagai sesama anak bangsa dan sesama umat beragama untuk saling menjaga dan menguatkan demi terciptanya ukhuwah islamiyyah dan wathoniyah sesama saudara muslim, apalagi secara historis muhamadiyah dan NU punya ikatan batin yang kuat sebagai ormas penopang NKRI dari dulu hingga sekarang,” tuturnya.

Hal lain diungkapkan oleh Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Kecamatan Parungpanjang M. Roby Binarta. Menurutnya, Ia bersyukur shalat Idul Fitri 1444 Hijriah berjalan lancar 

“Alhamdulillahirobbil alamin hari ini telah digelar giat shalat idul fitri 1444 Hijriah, yang uniknya para jamaahnya bukan hanya jamaah dari Muhammadiyah tetapi adalah warga sekitar atau masyarakat sekitar yang memang berkeyakinan hari ini adalah hari raya idul fitri, mereka melaksanakan hari jumat 21 April 2023, sehingga ada kesamaan dengan Muhammadiyah dan mereka berkumpul bersama dengan seluruh masyarakat,” tuturnya.

Bahkan, kegiatan ini dikawal oleh Banser (Barisan Serbaguna) Ansor Nahdlatul Ulama dan berikrar untuk Persatuan Indonesia.

“Yang lebih kelihatan hari ini bahwa wawasan kebangsaan adalah bahwa mereka yang melaksanakan shalat Ied ini dikawal oleh pengamanan Banser (Barisan Serbaguna) yang dikomandoi oleh Pemuda Ansor dibawah Nahdlatul Ulama, dan pengurus NU dan Muhammadiyah di Parungpanjang berkomitmen untuk terus berikrar bahwa persatuan indonesia adalah segalanya walaupun dalam tataran praktis terutama di shalat ied ini berbeda dimana NU memutuskan mengikuti hari Sabtu dan Muhammadiyah di hari Jumat,” jelasnya.

M. Roby Binarta mengharapkan kegiatan ini membawa manfaat untuk Kecamatan Parungpanjang 

“Mudah-mudahan kegiatan ini membawa impack atau manfaat untuk kemajuan Parungpanjang dalam rangka menjaga persatuan di tengah perbedaan,” pungkasnya.

Reporter: HSMY

Editor: redaksi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: