Ketua DPRD Kabupaten Klaten Hadiri Pelantikan Pramuka Garuda Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten

Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo foto bersama usai acara pelantikan Pramuka Garuda Kwarcab Gerakan Pramuka Klaten, Sabtu (3/12/2022)

KLATEN (KM) – Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo menghadiri  pelantikan Pramuka Garuda Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Klaten , di SMP Negeri 1 Wonosari, Klaten Sabtu (3/12).

Hamenang Wajar Ismoyo selaku pembina upacara dalam acara tersebut mengatakan, saat ini tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda makin kompleks.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk didalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,” ucapnya.

Hal tersebut sesuai dengan Satya Pramuka yang berbunyi “menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat, menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat serta setiap hari berbuat kebaikan“.

Hamenang menambahkan pentingnya pendidikan kepramukaan guna membentuk kepribadian yang lebih baik.Selain itu Gerakan pramuka adalah sebagai wadah untuk membina genarasi muda dan merupakan salah satu bahan pendidikan di luar sekolah.

“Di samping itu, tujuan mulia pendidikan kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti,” imbuhnya.

Gerakan pramuka adalah sebagai wadah untuk membina  genarasi muda dan merupakan salah satu bahan pendidikan di luar sekolah, sehingga dapat Tanda Penghargaan Pramuka Garuda adalah penghargaan tertinggi bagi anggota di golongannya.

Advertisement

” Untuk mencapai itu semua, seorang anggota  pramuka harus sudah menyelesaikan SKU yang tertinggi digolongannya. Disamping SKU peserta juga harus mempunyai  Tanda Kecakapan Khusus (TKK) wajib 10 sesuai minatnya.  Karena penilaian Syarat Kecapakan Umum (SKU) , Syarat  Kecakapan Khusus (SKK) maupun Syarat Pramuka Garuda  (SPG) secara Individual,”jelas Hamenang.

“Marilah kita memperbaiki motivasi diri untuk memulai segala  macam bentuk kebaikan. Selanjutnya agar semua niat kebaikan bisa menjadi manfaat untuk semua maka kita harus berproses hingga selesai.

Sebagai anggota pramuka kita harus bertindak cerdas, dan siap untuk menjalankan misi kebaikan ke depannya apa lagi pramuka garuda bisa menjadi contoh teladan mencapai  suksesnya pramuka kedepan,” tuturnya.

Hamenang mengucapkan terimakasih kepada Kontingen Kwarcab Klaten yang sudah berjuang membawa  nama baik Kwarcab Klaten dengan prestasi yang diperoleh.

“Selanjutnya saya ucapkan Kontingen Kwarcab Klaten yang sudah berjuang membawa nama baik Kwarcab Klaten dengan prestasi yang diperoleh dalam kegiatan LT4 di Buper Karanggeng, Semarang, 28 November – 2 Desember 2022. Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih atas dukungan baik  moril dan materil dari pihak sekolah, dalam hal ini Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wonosari,”pungkasnya.

Rep: Arifin

Editor: Red1

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: