Tegakkan Semangat Kesatuan Di Kalangan Pelajar, Disdikpora Kota Yogyakarta Gelar Lomba Baris Berbaris

YOGYAKARTA (KM) – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan lomba baris berbaris merah putih untuk pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK. Melalui lomba baris berbaris itu, diharapkan dapat menegakkan semangat kesatuan para pelajar di Kota Yogyakarta.

“Harapannya dengan lomba baris berbaris ini akan muncul semangat kegotongroyongan, kekompakan dan kesatuan di antara adik-adik semua,” ucap Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya saat membuka lomba baris – berbaris di halaman Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Sabtu (05/11).

Menurutnya, lomba baris – berbaris para pelajar ini adalah bagian dari cara Pemkot Yogyakarta untuk membangun semangat kebangsaan dan kebersamaan. Termasuk menjadi bagian dari modal sosial agar persatuan dan kesatuan mampu diteguhkan dan ditegakkan di Kota Yogyakarta.

“Artinya lomba ini membawa manfaat yang besar bagi kita semua. Oleh karenanya mari ikuti lomba baris berbaris ini dengan sebaik-baiknya,” tuturnya

Lomba baris – berbaris merah putih ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Purna Paskibraka kota Yogyakarta. Lomba baris berbaris pelajar itu sebelumnya vakum selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, dan akhirnya bisa digelar kembali pada tahun 2022 ini.

Koordinator lomba baris berbaris Merah Putih XXIII , Dewangga Damarjati mengatakan, lomba tahun ini mengangkat tema “Arswantara” yang dimaknai sebagai cahaya matahari terbit. Semangat Arswantara ini menjadi momentum bangkitnya kegiatan baris berbaris di kota Yogyakarta setelah dua tahun tidak diadakan karena pandemi Covid-19.

Advertisement

“Tujuan lomba baris berbaris ini untuk memberikan semangat patriotisme kepada generasi muda SMP dan SMA di Yogya. Kegiatan ini juga untuk mencari bibit-bibit paskibraka,” tuturnya.

Ia menyebut, lomba baris berbaris merah putih tahun 2022 ini diikuti 46 peleton putri dan putra dari jenjang SMP dan SMA/SMK di wilayah Kota Yogyakarta. Lomba baris berbaris ini diadakan selama dua hari dengan rincian Sabtu (5/11) untuk peleton putri dan pada Minggu (6/11) bagi peleton putra.

“Dalam lomba baris berbaris ini dinilai dari kerapian, ketegasan, teknik dan danton (komandan peleton),” jelasnya.

Selain itu Dewangga menjelaskan, kegiatan lomba baris berbaris itu untuk membangun suasana kompetitif dan sportif dalam baris berbaris serta pengarah minat dan bakat dalam bidang baris berbaris.

Di samping itu juga untuk membentuk kader muda yang disiplin semangat nasionalisme dan patriotisme nya, serta untuk mengukir prestasi pada bidang baris berbaris.

Reporter : Arifin
Editor : Sudrajat

Keterangan foto : Salah satu peserta peleton putri saat lakukan devile dalam kegiatan lomba baris – berbaris yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY bekerjasama dengan Purna Paskibraka DIY, Sabtu (05/11/2022)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: