Talud SMP N 3 Saptosari Longsor, 8 Rumah Warga Terisolir

Talud SMP N 3 Saptosari setinggi kuranglebih 10 meter longsor pada Minggu (20/11/2022)

GUNUNGKIDUL (KM) – Hujan intensitas tinggi di menyebabkan banjir dan longsor di beberapa lokasi di Kapanewon Saptosari, Gunung Kidul pada Minggu (20/11).

Adapun wilayah yang terdampak meliputi, Padukuhan Widoro,Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari. Begitu juga dengan  yang terjadi di SMP N 3 Saptosari akibat intensitas hujan yang tinggi, talud SMP N 3 Saptosari setinggi kuranglebih 10 meter longsor.

Kapolsek Saptosari, AKP Kusnan Priyono menjelaskan, sekira pukul 11.00 wib salah seorang warga, Parji (saksi) berkunjung ke rumah saudaranya yang berada di sebelah timur talud, pada saat itu hujan sangat deras tiba-tiba terdengar suara longsoran yang ternyata dari Talud SMPN 3 Saptosari, tepatnya sebelah timur SMPN 3 Saptosari.

“Talud tersebut berada tepat disebelah akses jalan masuk sehingga mengisolasi 8 rumah warga yang berada di belakang SMPN 3 Saptosari. Longsoran talud tersebut juga menimpa satu buah tiang listrik,” jelas AKP Kusnan Priyono.

Ia juga menyampaikan, selain longsor kondisi sebagian talut yang panjangnya kurang lebih sekitar 20 meter itu retak. Sehingga jika terjadi hujan deras lagi dapat mengakibatkan longsor susulan yang mengancam 3 rumah warga lainnya yang berada tepat dibawah jalan talud.

“Ada kurang lebih sekitar 20 meter dinding talud yang retak. Dikhawatirkan nanti ketika hujan lagi akan mengakibatkan longsor susulan,” ucapnya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak sekolahan agar bisa meminimalisir akan jatuhnya korban.Ia meminta untuk sementara waktu proses belajar mengajar diliburkan.

“Untuk antisipasi terjadinya longsor susulan, kami juga akan berkoordinasi dengan pihak sekolah agar  proses belajar mengajar sementara diliburkan,” pungkasnya.

Rep:  Budi/ Arf

Editor: Red1

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: