Tradisi Turun Temurun, Warga Desa Binong Pamarayan Gelar Ruwatan Sedekah Bumi Di Sumur 7

SERANG (KM) – Warga Desa Binong menggelar acara Ruwatan Bumi di sumur 7 tepatnya di Kp. Asem Pasir Rt.07 Rw.02 Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Provinsi Banten pada hari Senin, 24 Oktober 2022.

Kegiatan ruwatan bumi tersebut diketahui sudah menjadi tradisi turun temurun sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas nikmat berkah, kesehatan, keselamatan, dan limpahan rejeki yang dikaruniakan Allah SWT kepada warga Desa Binong.

Pelaksanaan ruwatan bumi tersebut digelar sederhana dengan cara membersihkan sumur 7, doa bersama, makan bersama, serta memainkan Kendang Jaipong yang diiringi alunan Goong sebagai alat ritual berlangsungnya pembukaan ruwatan bumi.

Dalam keterangannya, Iyat Suryati selaku Kepala Desa Binong mengatakan bahwa acara ruwatan sedekah bumi tersebut sudah menjadi tradisi budaya warga Desa Binong yang rutin digelar setiap tahunnya dan diisi dengan serangkaian kegiatan pentas seni budaya Wayang Golek dan dihadiri seluruh masyarakat Desa Binong.

“Ruwatan bumi ini merupakan warisan tradisi yang betul-betul harus dirawat dan dijaga, di samping dapat memperkuat ikatan tali silaturahmi, juga melestarikan seni budaya dan kearifan lokal warga Desa Binong,” ujar Iyat kepada Kupasmerdeka.com (24/10).

“Semoga ditahun depan acara ruwatan bumi ini semakin meriah dan semakin kompak masyarakatnya,” harapnya.

Hal senada juga diungkapkan Parako selaku tokoh masyarakat Kp. Asem Tengah Rt.08 Rw.02 Desa Binong yang juga bertindak sebagai pembuka acara ruwatan sumur 7. Ia mengatakan, bahwa acara ruwatan sedekah bumi ini adalah tradisi budaya warisan leluhur yang harus tetap dilestarikan.

“Selain mempererat tali silaturahmi antar warga, juga bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta alam semesta (Allah SWT),” terangnya.

“Tradisi ini harus selalu kita jaga dan kita pertahankan, karena ini adalah tradisi seni budaya warisan leluhur kita. Jangan sampai lupakan peninggalan budaya leluhur kita,” tutup Parako.

Reporter : Acun S
Editor : Sudrajat

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*