7 Tips Merawat Sandal Birkenstock dengan Mudah

Photo by No Revisions on Unsplash
Photo by No Revisions on Unsplash

Salah satu sandal yang banyak diminati oleh pria adalah Birkenstock. Selain karena bahannya premium, Birkenstock juga hadir dengan berbagai model sandal yang simpel dan cocok untuk gaya kasual. Tidak hanya warna coklat, Birkenstock juga memiliki model sandal warna lain, contohnya putih, silver, dan hitam.

Untuk harga, Birkenstock biasanya menjual produknya di kisaran Rp500 ribuan hingga Rp1 juta. Cukup mahal memang, tapi sebanding dengan kualitasnya. Untuk itu, agar kualitas kulit sandal Birkenstock tetap terjaga dan awet tahan lama, dibutuhkan trik khusus dalam perawatannya. Berikut adalah 7 tips dan cara merawat sandal Birkenstock yang mudah.

7 Tips Merawat Sandal Birkenstock Biar Awet

Photo by Haley Truong on Unsplash
  1. Gunakan Sikat Khusus Suede

Tips pertama, gunakan sikat khusus untuk bahan suede. Sikat khusus seperti ini punya bulu dengan tekstur yang tidak akan merusak kualitas kulit pada sandal. Selain itu, sikat khusus suede bisa digunakan untuk membersihkan seluruh area sandal, dari dalam hingga luar.

2. Lap dengan Kain Lembut

Untuk sandal Birkenstock yang punya bahan smooth leather atau kulit halus, coba bersihkan dengan kain lap. Namun, Anda harus menggunakan kain yang bertekstur halus agar bahan kulitnya tidak tergores. Boleh sesekali celupkan kain ke air, lalu lap sandal dengan kain yang agak basah. Lap perlahan dengan gerakan satu arah.

3. Gunakan Produk Pembersih Khusus

Sandal berbahan kulit perlu dirawat secara khusus agar kualitas kulit tetap aman dan terjaga. Agar lebih aman lagi, sebaiknya gunakan produk pembersih khusus. Biasanya produk ini dikemas dalam botol, dan isinya berupa cairan. Untuk menggunakannya sama seperti mengelap dengan kain yang dicelupkan ke air biasa.

4. Boleh Bersihkan dengan Sabun

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Birkenstock tidak hanya menjual sandal dengan bahan kulit saja. Ada juga sandal dengan kulit yang bertekstur halus, atau sintetis. Berbeda dengan bahan

kulit yang cenderung seperti beludru, kalau bahan natural leather ini bisa dicuci menggunakan sabun.

Namun perlu diingatkan lagi, sebaiknya gunakan sabun pencuci sepatu khusus bahan kulit. Tips lainnya, tidak disarankan untuk merendam sepatu di dalam air. Cara amannya, siapkan cairan yang sudah dicampur sabun. Lalu, bersihkan setiap sudut dan sisi sandal menggunakan kain.

5. Manfaatkan Semprotan Anti-Air

Ada semprotan anti-air yang diklaim bisa menahan air tidak meresap ke sandal. Untuk penggunaanya sangat mudah, semprotkan saja produk khusus tersebut ke area luar sandal. Tapi sebelum menggunakannya, lebih baik baca tata cara pemakaiannya terlebih dahulu, ya.

6. Keringkan Sol Dalam Secara Rutin

Terkadang, sol di dalam sandal juga bisa lembab sehingga bisa membuat warna sol jadi berubah. Untuk mencegahnya, Anda bisa keringkan sol dalamnya dengan cara mengelap pakai kain. Lakukan ini secara rutin, setidaknya tiga minggu sekali.

7. Jangan Kena Matahari Secara Langsung

Ketika mengeringkan sandal Birkenstock, tidak disarankan langsung terpapar sinar matahari karena bisa bikin sandal rusak. Sebaiknya, keringkan sandal yang sudah dicuci di area yang punya temperatur suhu ruangan. Tunggu sandal benar-benar kering sekitar 24 jam setelah dibersihkan.

Sekarang Anda sudah mengetahui trik dan tips merawat sandal Birkenstock, saatnya memiliki sandal dari Birkenstock yang kualitasnya premium. Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa beli sandal Birkenstock di Blibli. Di sana, ada banyak pilihan model Birkenstock yang sangat cocok untuk gaya kasual untuk pria.

Selain itu, men birkenstock yang dijual di Blibli ini punya harga bersaing. Bahkan, Anda bisa belanja lebih hemat dengan memanfaatkan diskon dan cashback. Mau lebih hemat lagi? Pakai voucher gratis ongkirnya! Jangan khawatir soal produknya, pasti original dan aman sampai ke tangan Anda. Yuk, beli sandal Birkenstock impian Anda di Blibli!

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: