Sidang Ade Yasin, Pendukung Histeris Dengar Putusan Hakim

BANDUNG (KM) – Puluhan pendukung Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin menghadiri detik- detik sidang putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Bandung pada Jumat (23/9). Ade didakwa dalam kasus suap anggota tim pemeriksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat.

Selain itu, dari para kepala desa hingga pejabat Kabupaten Bogor seperti Gus Udin pun turut hadir menyaksikan putusan pengadilan.  Dalam pantauan awak media, para penduduk tersebut sudah memasuki pengadilan sejak pukul 08:00 dan terus bertambah memadati ruangan sidang yang digelar.

Majelis hakim mencabut hak politik dari terdakwa Ade Yasin.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Ade Yasin terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dan berlanjut. Menjatuhkan pidana dengan pidana empat tahun, denda Rp 100 juta,” ujar Hakim Ketua Hera Kartiningsih saat membacakan putusannya di Pengadilan Tipikor Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/9).

Vonis hakim lebih tinggi dibandingkan tuntutan dari jaksa penuntut umum dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntut terdakwa tiga tahun penjara. Jika terdakwa tak bisa membayar denda, maka akan diganti dengan kurungan enam bulan penjara.

Hal yang memberatkan bahwa terdakwa dianggap tak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan korupsi, berbelit memberikan keterangan, tidak menyesali dan mengakui perbuatannya.

Hal yang meringankan, terdakwa berlaku sopan selama persidangan dan belum pernah dihukum. Masa penangkapan dan penahanan yang dijalani terdakwa akan dikurangi pidana yang dijatuhkan.

Para simpatisan dan pendukung Ade Yasin berteriak putusan tersebut tak adil paska putusan dibacakan. Ada yang meneriakkan banding atas dan bahkan menjerit histeris mendengar putusan tersebut. Terdakwa Ade Yasin divonis 4 tahun penjara, denda 75 juta rupiah dan hak politik dicabut 5 tahun.

Reporter: HSMY

Editor: Red1

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: