Perumahan Vila Gading Royal Parung Kumpulkan Biaya “Peningkatan Mutu” dari Warga, Aktivis Endus Penipuan

TB Ade Jajang Saat Menyambangi Perumahan Gading Royal Samping Telaga Kahuripan, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Selasa Siang (30/08/2022) (Dok. Hari Setiawan Muhammad Yasin/KM)
TB Ade Jajang Saat Menyambangi Perumahan Gading Royal Samping Telaga Kahuripan, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Selasa Siang (30/08/2022) (Dok. Hari Setiawan Muhammad Yasin/KM)

BOGOR (KM) – Dugaan penipuan atas adanya penambahan biaya peningkatan mutu yang dibebankan kepada konsumen Perumahan Vila Gading Royal, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, masih terus terjadi. Hal itu karena konsumen mendapat kualitas rumah yang tidak sesuai standar perumahan subsidi.

Dari informasi yang dihimpun, salah satu konsumen yang sudah 5 tahun menempati perumahan tersebut mengaku tidak mengetahui akan adanya tambahan biaya untuk pembiayaan peningkatan mutu rumah yang dihuninya, padahal yang dia ambil adalah perumahan subsidi.

Dugaan penipuan tersebut muncul karena masih adanya pengembang nakal yang mengambil keuntungan pribadi dengan modus meminta biaya tambahan untuk peningkatan mutu, sehingga konsumen merasa dirugikan dan merasa tertipu karena selama ini kualitas rumah yang didapatkannya ternyata tidak sesuai standar perumahan subsidi.

Menanggapi hal tersebut, aktivis pemuda Kabupaten Bogor, TB Ade Jajang angkat bicara menyoroti keluhan konsumen tersebut.

Menurutnya, apa yang dialami konsumen sudah masuk ranah dugaan penipuan dan menyalahi aturan tentang perumahan subsidi yang diatur dalam Permen PUPR pasal 25 ayat (4a) dalam peraturan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 21/PRT/m/2016 tentang kemudahan dan/atau bantuan perolehan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Dalam waktu dekat, saya akan turun langsung dan mengumpulkan bukti bahwa ada penyimpangan dan dugaan unsur penipuan terhadap konsumen, dan saat ini sudah mengantongi bukti dan dokumen lengkap bahwa memang ada dugaan penyimpangan dan unsur penipuan yang di lakukan oleh Perumahan Vila Gading Royal atau PT Pundi Graha Kencana terhadap konsumen,” ujar TB Ade Jajang saat dihubungi wartawan kupasmerdeka.com, Jumat siang (16/9)

Advertisement
.

“Saya pun sudah coba mengonfirmasi ke kantor pemasaran dan sudah ada bukti pengakuan dari salah satu marketing perumahan tersebut, dan memang benar adanya dugaan penyimpangan dan unsur penipuan terhadap konsumen dengan adanya biaya untuk peningkatan mutu,” jelasnya.

TB Ade manambahkan bahwa dirinya juga akan menemui Kepala Dinas Perumahan, Kawasaan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika.

“Dalam waktu dekat saya akan coba mendatangi kepala dinas perumahan kawasan permukiman dan pertanahan Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, dan meminta ditindak tegas apabila benar dugaan tersebut terbukti dan ada unsur penipuannya,” ungkapnya.

“Maka segera ditindak tegas jangan sampai dibiarkan, dan kalau sampai terbukti ada dugaan unsur penyimpangan dan unsur penipuannya, maka Saya TB. Ade Jajang selaku aktivis pemuda kabupaten Bogor tidak akan main-main untuk mengawalnya dan akan memproses temuan ini ke jalur hukum dan akan mengirim surat sampai kementrian PUPR,” pungkasnya.

Perlu diketahui, perumahan subsidi adalah program Pemerintah yang diatur dalam permen PUPR pasal 25 ayat (4a) dalam peraturan pekerjaan umum dan perumahan rakyat No 21 /PRT/M/2016.

Reporter : HSMY

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: