Pemdes Panamping Gelar MUSDES Dalam Rangka Penyusunan RKPDES 2023

SERANG (KM) – Musyawarah Desa (MUSDES) adalah proses musyawarah antara Badan Permusyawaratan Desa {BPD}, Pemerintah Desa dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh BPD untuk menyepakati hal-hal yang bersifat kebersamaan dan keterbukaan seperti yang di lakukan Desa Panamping pada hari Selasa, 13 September 2022.

Turut hadir dalam acara, Camat Bandung, H. Nursain; Kepala Desa Panamping, Iskandar beserta Staf dan Jajaran; Ketua BPD, Kamal Syam; Pendamping Lokal Desa (PLD), Apriyadi; Sekertaris Desa, Ues Suatmawardi; RT/RW se Desa Panamping; PKK; KPMD; Karang Taruna; tokoh masyarakat; tokoh agama;
dan unsur masyarakat Desa Panamping.

Dalam sambutannya, Ketua BPD mengimbau kepada seluruh anggota masyarakat agar musyawarah dapat berjalan dengan baik dan dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip kebersamaan yaitu keterbukaan, akuntabel, efisiensi, dan berkelanjutan sehingga Musdes yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Menurut Kades, keterlibatan unsur masyarakat sangat penting karena menyangkut Pembangunan Desa (Pemdes), dan dalam penyelenggaran Musdes kali ini dapat dilaksanakan dengan tertib sesuai tahapan serta lebih cermat dalam penggunaan dana desa yang disesuaikan dengan peraturan Bupati dan untuk Kepala Desa harus disinkronisasi dengan RKPDes yang sudah disusun.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, H. Nursain selaku Camat Bandung mengatakan, untuk perencanaan Pembangunan Desa akan menjadi pedoman bagi Pemdes, dan dalam penyusunan RKPDesa Tahun 2023 yang akan dilaksanakan, sesuai dengan usulan dan berdasarkan pencermatan RPJMdes tahun 2019-2025.

“Menghasilkan perencanaan pembangunan desa yang berkualitas yang dapat mencakup prioritas kebutuhan masyarakat desa,” ujarnya.

“Setelah dilakukan pembahasan materi, selanjutnya seluruh perserta musyawarah menyepakati beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa yaitu Program RKPDes Tahun 2023 yang akan dilaksanakan sesuai dengan usulan dan berdasarkan pencermatan RPJMdesa tahun 2019-2025. Disepakati, pembentukan tim ferivikasi oleh BPD, pembentukan tim penyusun RKPdes oleh kades,” jelasnya.

Acara Musdes berlangsung aman dan lancar yang diiringi sesi tanya jawab dari para unsur masyarakat dan ditutup dengan pembacaan doa.

Reporter: AL

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: