Tuntut Keterbukaan Dalam Draf RKUHP, Aliansi Mahasiswa Bogor Geruduk Istana Presiden

BOGOR (KM) – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bogor kembali melakukan unjuk rasa di halaman Istana Bogor, Rabu sore (6/0).

Mahasiswa yang bertujuan untuk melakukan aksi langsung dihadang aparat keamanan dengam menggunakan kawat berduri dan di lapisi puluhan anggota TNI dan Polri untuk berjaga.

Pendemo sempat meminta aparat keamanan yang mengjaga aksi mereka, untuk membuka kawat berduri agar mereka bisa menyampaikan aspirasi di gerbang istana kepresidenan untuk meminta draft Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) dibuka ke muka publik.

“Wacana revisi RKUHP sebagai salah satu upaya pembukaan gerbang perubahan demokrasi menjadi negara kekuasaan.Hal itu didasari dengan ketidakterbukaan pihak Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam proses revisi RKUHP,” ujar salah satu pendermo dalam orasi nya.

Advertisement

“Bukankah salah satu asas dalam Peraturan Pembentukan Perundang-undangan mengatakan, untuk pembuatan Undang-Undang harus ada Keterbukaan Informasi Publik sebelum diplenokan,” lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya menuntut kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) dan Komisi III DPR RI untuk membuka draft RKUHP. Karena, draft tersebut dinilai penting bagi kehidupan masyarakat dalam bernegara juga memiliki peran penting dalam bermasyarakat untuk menjalankan ketertiban umum.

Reporter : Ki Medi

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: