Diduga Ada Permainan Dalam PPDB Jalur Zonasi, BARA AKSI Desak KCD Wilayah 3 Transparan Buka Data PPDB Online 2022-2023

BEKASI (KM) – Barisan Mahasiswa Bekasi (Bara Aksi) mendesak Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah 3 untuk transparan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Ajaran 2022-2023.

Pasalnya, pihak KCD dinilai tidak terbuka mengenai data siswa dalam proses PPDB online dan meminta KCD untuk segera membuka data siswa se wilayah Bekasi.

Ketua Bara Aksi, Wawan Hermawan mengatakan bahwa proses PPDB dari tahun ke tahun selalu menuai persoalan terkait jalur zonasi.

“Karena ada beberapa calon siswa yang jarak zonasi nya berdekatan dengan sekolah, berjarak 700 meter, namun tidak diterima, ini patut kita duga ada permainan dalam proses PPDB,” kata Wawan kepada KM, Jumat 15/7.

Lebih lanjut, Wawan mengatakan, ketika calon siswa tidak dapat diterima di sekolah yang dituju, tiba-tiba link sudah tidak bisa diakses kembali atau terkunci. Parahnya, ketika saat mendaftar di sekolah lain, akses link tidak terkunci.

Advertisement

“Jadi ini patut dicurigai setiap pengumuman jalur sekolah tidak berani membuka daftar nama para calon siswa yang diterima lewat jalur online,” ucapnya.

“Sehingga berapa jumlah siswa yang akan diterima pada PPDB online, kuat dugaan banyak calon siswa tanpa proses jalur yang benar,” sambungnya.

Atas kondisi tersebut, Wawan menegaskan bahwa Bara Aksi selaku Agent of Control akan terus mengawasi jalannya proses PPDB online 2022 agar berjalan transparan dan tidak ada manipulatif terhadap publik.

“Kalau memang KCD berani, mari kita buka data sesuai UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Masyarakat kok dibuat susah dengan adanya PPDB,” tutupnya.

Reporter : KM Bekasi

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: