Pendekar Banten Adakan Pagelaran Seni Budaya “Rampak Bedug” Se-Kabupaten Serang

SERANG (KM) – Kegiatan Pagelaran Seni Budaya Rampak Bedug dan Silat Masal Kaserangan yang diselenggarakan oleh para paguron se-Kabupaten Serang pada 26 Juni 2022 dilaksanakan di lapangan terbuka Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pagelaran ini merupakan bentuk persiapan seluruh paguron se-Kabupaten Serang untuk menyeleksi perwakilan para paguron yang akan ditandingkan di Festival AKCF bulan Juli 2022.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran DPP Pendekar Banten Korda I Provinsi Banten, Pendekar Banten Korda II Kabupaten Serang, Pendekar Banten se-Kecamatan Pontang, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Anas Dwi Prasadya, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Beni Kusnandar, Camat Pontang Samsuri, APDESI se-kecamatan Pontang, para sepuh ketua paguron, Kapolsek Kecamatan Pontang, Danramil Kecamatan Pontang, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh paguron se-Kecamatan Pontang.

Ahmad Suandi alias Mamak selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung ini dalam rangka ajang silaturahmi para paguron se-Kabupaten Serang untuk uji coba Silat Kaserangan Pra AKCF mendatang.

“Acara ini adalah acara pagelaran seni budaya Rampak Bedug dan silat Masal Kaserangan.ini adalah ajang silaturahmi para Paguron sekabupaten serang,” terang mamak saat diwawancarai Kupasmerdeka.com 26/6.

“Mengingat akan diadakanya Festival AKCF (Anyer Krakatau Culture Festival) Silat Kaserangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli mendatang yang bertempat di Pantai Florida Indah Kecamatan Cinangka, maka dari itu semua paguron kami okomodir agar betul-betul silat Kaserangan ini terus terawat dan dilestarikan oleh kita semua,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Samsuri selaku Camat Pontang menyatakan sangat bangga pada paguron se-Kabupaten Serang khususnya di Kecamatan Pontang.

“Dengan diadakannya kegiatan Pagelaran Seni Budaya Rampak Bedug dan Silat Masal Kaserangan ini, saya selaku Camat Kecamatan Pontang akan selalu mendukung kegiatan para Paguron di wilayah Kecamatan Pontang dalam bentuk apapun, terlebih para paguron yang akan ditandingkan di Festival AKCF mendatang. Semoga perwakilan paguron Kecamatan Pontang yang akan bertanding menjadi juara umum,” ungkap Samsuri.

Sementara itu, Anas Dwi Satya Prasadya selaku Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang pada sambutannya mewakili Bupati Serang, menyampaikan bahwa acara pagelaran ini sangat menggembirakan.

Advertisement

“Karena kita semua bisa bersilaturahmi dengan semua para paguron, pendekar, para sepuh, tokoh agama dan semua kalangan masyarakat yang hadir,” ucapnya.

“Dan perlu saya sampaikan juga, bahwa memang seni budaya ini harus terus kita lestarikan apalagi dengan silat Kaserangan dan tanggal 16 Juli akan diselenggarakan Festival AKCF,” lanjutnya.

“Terima kasih kepada para penggagas kegiatan ini, yang mana dalam acara ini kita akan semakin kuat menjalin tali silaturahmi antar paguron sekabupaten serang,” imbuhnya.

“Salah satu agenda kita ke depan, Kecamatan Tanara dan sekitarnya nanti akan jadi wisata religi, ini sudah digagas dan disampaikan oleh bupati Serang ke pusat, dan tentunya salah satu daya tarik wisata lokal yang nantinya akan kita tampilkan seperti budaya seni silat seperti ini,” jelas Anas.

Di tempat yang sama, Ukon Hidayat selaku Ketua Apdesi Kecamatan Pontang turut mengapresiasi kegiatan seni silat tersebut. Menurutnya, hal tersebut sangat bagus sekali dan menjadi sarana mempererat tali silaturahmi antar paguron se-Kabupaten Serang, khusunya Kecamatan Pontang.

“Saya juga berharap ke depan pencak silat di Kabupaten Serang ini khususnya di Kecamatan Pontang semakin berkembang, dan semua pihak yang berkaitan seni budaya ini selalu memperhatikan dan membina untuk memajukan pencak silat di Kecamatan Pontang,” kata Ukon.

“Saya juga akan dukung dan suport kepada perwakilan paguron di Kecamatan Pontang yang akan ditampilkan di acara Festival AKCF bulan depan,” lanjutnya.

Medi Subandi selaku Wakil Sekretaris Pendekar Banten Korda II Kabupaten Serang, pada sambutannya mewakili Andika Hazrumy selaku ketua umum Pendekar Banten menyampaikan ucapan syukurnya karena semua bisa berkumpul bersilaturahmi dengan para paguron se-Kabupaten Serang.

“Paguron- paguron silat se-Kabupaten Serang harus jadi panutan dan percontohan bagi paguron-paguron lainnya di luar daerah Kabupaten Serang, baik secara prestasi maupun secara etika dan akhlakul karimah,” tutup Medi.

Reporter: Acun, S
Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: