Kondisi Kabel Listrik di Desa Sumber Makmur Bikin Resah Warga, PLN Kaur Masih Ogah Bergerak

KAUR, BENGKULU (KM) – Kabel listrik yang berada di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Muara Saung, Kabupaten Kaur sudah membuat cemas warga. Pasalnya, kondisi kabel listrik tersebut sangat semrawut dan sebagiannya sudah menyentuh tanah.

Hal ini diketahui saat awak media kupasmerdeka.com melakukan pemantauan di lokasi tersebut pada Kamis, 9 Juni 2022.

Saat dikonfirmasi, Gusman selaku Kepala Desa Sumber Makmur mengatakan bahwa pemasangan kabel listrik di sepanjang lebih kurang 1500 meter tidak memakai tiang. Akibatnya, kabel tersebut sudah banyak yang menyentuh tanaman di ladang warga.

“Bahkan posisinya berada di depan rumah pemukiman warga. Hal ini disebabkan belum adanya tiang yang dipasang oleh PLN Kaur, khususnya di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Muara Saung,” jelas Gusman.

Menurutnya, kondisi itu sudah berlangsung semenjak listrik masuk ke Desa Sumber Makmur, dan belum ada perubahan sama sekali dari PLN Kabupaten Kaur.

“Jika kondisi ini terus-terus dibiarkan, tidak menutup kemungkinan ke depan akan memakan korban jiwa. Sebab banyak petani yang membersihkan kebun dan, banyak anak kecil bermain di sana,” ungkapnya.

“Tentunya ini sangat membahayakan terhadap kondisi keselamatan jiwa,” imbuhnya.

Advertisement

“Saat ini sudah hampir masuk musim hujan. Kami takut akibat pergesekan kabel dengan kayu dan tanah, ada kabel listrik yang mengelupas bungkusnya, tentu akan sangat berbahaya,” lanjutnya.

Gusman mengaku, pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan aduan, namun tidak ada tanggapan, sehingga masyarakat membuat penyanggah sendiri dengan bambu.

“Jika kabel tidak dikasih tiang hanya memakai penyangga kayu dan bambu yang sudah lapuk, maka ketinggiannya hanya setengah meter, bahkan banyak yang menyentuh tanah,” terangnya.

Pihaknya berharap, petugas PLN Kabupaten Kaur segera memasang tiang listrik agar tidak sampai menelan korban jiwa.

Sementara itu, saat dikonfirmasi awak media Kupasmerdeka.com melalui pesan WhatsApp, Manager PLN Kabupaten Kaur, Nopian, berdalih belum mengetahui adanya tiang listrik yang belum dipasang.

“Saya ucapkan terima kasih atas infonya, info ini baru saya ketahui. Izin saya teruskan ke bagian teknik utuk dicek kondisi lapangan untuk mengetahui penyebab belum terpasang tiang,” jawabnya.

Reporter: Alpi
Editor: Sudrajat

Keterangan foto: Kabel listrik tanpa tiang yang sudah menyentuh di tanah. (Dok.KM)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: