DPMD Kabupaten Kaur Gelar Acara Sosialisasi Pengelolaan Aset Tingkat Desa

Acara sosialisasi manajemen aset di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Muara Saung (dok. KM)
Acara sosialisasi manajemen aset di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Muara Saung (dok. KM)

KAUR, BENGKULU (KM) – Untuk mencapai manfaat optimal dari sebuah aset, diperlukan pengelolaan yang baik atas siklus hidup aset tersebut. Pengelolaan ini seringkali disebut dengan Life Cycle Asset Management. Hal tersebut mengingat pengelolaan aset desa saat ini dilakukan dengan sangat tidak memadai, mulai dari inventarisasi, pemanfaatan sampai dengan pelaporan.

Mengingat pentingnya manajemen asset bagi pemerintah desa, maka sudah menjadi keharusan bagi pemerintah desa untuk melakukan pengelolaan asset/barang milik desa secara professional, efektif, dan mengedepankan aspek-aspek ekonomis agar pengeluaran biaya-biaya dapat tepat sasaran, tepat penggunaan, tepat penerapan, dan tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam rangka pembinaan terkait pengelolaan aset desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kaur, bertempat di Balai Desa Sumber Makmur, Kecamatan Muara Saung, Kabupaten Kaur mengadakan kegiatan sosialisasi pengelolaan aset desa bagi kasi pemerintahan dan sekretaris desa tingkat desa, desa Sumber Makmur Tahun Anggaran 2022 pada Kamis, 9 Juni 2022.

Advertisement

Hadir dalam acara, Kepala Desa beserta perangkat, Ketua BPD beserta anggota, dan perwakilan dari dinas PMD sebagai nara sumber.

Dalam paparannya, Kepala Dinas PMD melalui bidang aset, Evidian Afrizal, menyampaikan betapa pentingnya pengelolaan aset desa agar nantinya siapapun yang menjadi kepala desa, aset desa tetap terjaga dengan baik.

Dalam acara itu, Kepala Desa Sumber Makmur, Gusman Andri, menyampaikan kepada perangkat desa agar memahami apa yang sudah dipaparkan oleh nara sumber sekaligus bisa menjalankan pengelolaan aset desa dengan baik .

Reporter: Alpi
Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: