Lemon California Organik Purworejo Hadir Dalam Pameran Nasional ‘Salatiga Hybrid Expo 2022’

PURWOREJO (KM) – Pameran Nasional Salatiga Expo 2022 diselenggarakan Pemerintah Kota Salatiga di Taman Wisata Sejarah Kota Salatiga tanggal 20-22 Mei 2022.

Pemerintah Kota Salatiga bekerja sama dengan kementerian dan beberapa instansi daerah tingkat provinsi, kabupaten/ kota, BUMN, BUMD dan swasta untuk ikut berpartisipasi.

Salah satu peserta pameran adalah Bambang Gatot Seno Aji, yang membawa produk unggulannya dari Kabupaten Purworejo yaitu lemon California organik.

Lemon ini benar-benar ditanam dan dibudidayakan di Purworejo. Bambang Gatot mengungkapkan motivasinya untuk ikut pameran ini.

“Selain memperkenalkan produk lemon organik, juga ingin memberikan motivasi kepada para petani tradisional, di mana selama ini terkesan jika bertani organik itu kurang menguntungkan dibandingkan dengan petani yang menggunakan pupuk kimia,” katanya.

Akan tetapi, Bambang Gatot sendiri sudah membuktikan kalau bertani secara organikpun hasilnya bisa lebih menguntungkan dibandingkan dengan yang non organik.

Advertisement

“Yang pasti biaya untuk pupuknya lebih sedikit,” lanjutnya.

Dengan membudidayakan lemon California secara organik di Purworejo ini, pegawai negeri sipil di Kabupaten Purworejo yang sebentar lagi akan memasuki masa purna tugasnya mempunyai harapan dan impian kalau ke depan Purworejo bisa menjadi sentra lemon California.

“Karena Purworejo beberapa tahun yang lalu pernah menjadi sentral buah jeruk, akan tetapi untuk saat ini para petaninya beralih ke pembibitannya,” terangnya.

Pameran nasional ini juga diselenggarakan dalam rangka mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata, yang diikuti oleh beberapa elemen dan 144 stand dengan omset penjualan hingga Rp1,4 miliar selama tiga hari.

Reporter: Evie

Editor: HJA, Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: