LBH SIKAP Banten Beri Penyuluhan dan Bantuan Hukum Gratis ke Warga Binaan Rutan Serang

SERANG (KM) – Penyuluhan hukum adalah kegiatan penyebarluasan informasi hukum dan pemahaman terhadap norma hukum dan perundang-undangan yang berlaku guna mengembangkan kesadaran hukum terhadap masyarakat. Tujuan penyuluhan hukum juga agar tercipta budaya hukum yang tertib, taat, dan patut pada kaidah-kaidah hukum yang berlaku.

Berkaitan dengan hal tersebut, Lembaga Bantuan Hukum dan Studi Kebijakan Publik Banten (LBH SIKAP BANTEN) mengadakan kegiatan penyuluhan dan memberikan bantuan hukum secara cuma-cuma (gratis) terhadap warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Serang kelas IIB yang diselenggarakan di Aula Rutan Serang dengan narasumber Sunardi SH, Medi Subandi SH, dan Nurmansyah SH.

Acara digelar pada hari Senin, 23 Mei 2022 dan bertujuan agar warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Serang mendapatkan pendampingan hukum dan kepastian hukum berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

Kepada Kupasmerdeka.com 23/5, Sunardi menyampaikan betapa pentingnya kesadaran hukum bagi masyarakat, hal itu agar masyarakat tidak melakukan perbuatan melawan hukum.

“Kegiatan penyuluhan hukum ini adalah program dari LBH SIKAP Banten yang memang sudah menjadi agenda kami dengan memberikan materi terkait undang-undang Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2016 tentang bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu,” jelas Sunardi.

Ditempat yang sama, Medi Subandi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Rutan Serang beserta jajarannya yang telah memfasilitasi LBH SIKAP Banten dan bekerja sama dalam penyuluhan hukum kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Serang.

Advertisement

“Semoga penyuluhan dan bantuan hukum ini bermanfaat bagi terpidana yang masih berproses persidangan, dan juga bisa membantu lancarnya proses persidangan sampai mendapatkan kepastian hukum,” terangnya.

Sementara itu, Patria selaku Staf Pelayanan Pembinaan dan Bantuan Hukum Rutan Serang turut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim LBH SIKAP Banten yang telah sigap memberikan penyuluhan dan bantuan hukum terhadap warga binaan pemasyarakatan Rutan Serang.

“Kegiatan Penyuluhan Hukum dan Pendampingan Hukum bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang kurang mampu di Rutan Serang pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 berlangsung secara lancar, aman dan tertib, berkat kerjasama dengan pihak LBH SIKAP Banten,” ujar patria kepada Kupasmerdeka.com.

“Kami sangat mengapresiasi atas respon cepat dari rekan-rekan LBH SIKAP Banten terkait kebutuhan informasi dan pendampingan hukum bagi WBP Rutan Serang. Hal ini sejalan dengan program kerjasama yang sudah terjalin melalui perjanjian kerjasama antara Rutan Serang dengan LBH SIKAP Banten,” lanjutnya.

“Dan kita agendakan untuk dilakukan secara rutin tiap bulan kedepannya.
Semoga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Serang secepatnya mendapatkan kepastian hukum serta berkembangnya LBH SIKAP Banten sebagai Organisasi Hukum yang juga peduli dengan masyarakat yang kurang mampu,” tutup Patria.

Reporter: Acun S
Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: