Halal Bihalal DPC AJWI Kabupaten Bogor dan Karang Taruna Cibinong Bangun Kemitraan Bidang Jurnalisme warga

CIBINONG (KM) – Dalam rangka mempererat silaturahmi dan persaudaraan antar sesama organisasi maupun lintas organisasi, DPC Aliansi Jurnalis Warga Indonesia (AJWI) Kabupaten Bogor bersama dengan Karang Taruna Kecamatan Cibinong menyelenggarakan halal bihalal di aula poskodal karang taruna Kp. Cipayung RT 01/09, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong Bogor, Minggu 8/5.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Umum DPP AJWI didampingi Sekjen, Bendahara, Ketua DPC AJWI Kabupaten Bogor beserta jajaran, pengurus Karang Taruna Cibinong, Karang Taruna dari Kelurahan Cibinong dan luar Cibinong seperti Karang Taruna Gunung Sindur, Sukaraja, Depok Beji, Bojonggede, Parung Panjang, serta RT/RW dan undangan lainnya.

Kegiatan halal bihalal diawali dengan penyampaian tausiyah oleh tokoh agama setempat H. Ali Ghazali dilanjutkan dengan ramah tamah dan diskusi serta hiburan musik oleh team volunteer Sawangan Depok, dan juga di suport dari Djarum Coklat.

Dalam tausiyahnya, Ali Ghazali selaku pembina Karang Taruna Cibinong berpesan kepada para pengurus Karang Taruna agar selalu menjaga hubungan antar sesama tanpa membeda-bedakan.

“Saya pesankan agar selalu menjaga 3 hal yakni ukhuwah islamiyah (persaudaraan antar umat islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa), kita bantu, kita bela kita pertahankan NKRI sebagai milik bersama dan ukhuwah basyariyah atau insaniyah yang beda agama jangan saling menyakiti,” pesannya.

“Hindari penyakit fanatik sebab fanatik dekat dengan munafik dan munafik dekat dengan syirik, syirik dekat dengan musyrik, kalau musyrik dekat dengan agama maka hancurlah negara kita,” tutupnya.

Sementara itu, ketua Karang Taruna Cibinong Deni Suhendar dalam sesi diskusi menyampaikan pada penekanan aspek bagaimana generasi muda khususnya karang taruna dalam menghadapi perkembangan teknologi dan persaingan di era digital.

“Dalam menghadapi tantangan jaman, generasi muda dituntut untuk lebih siap mental menghadapi perkembangan jaman karena di era digital seperti saat ini, semua orang bisa mengakses segala informasi dengan mudah, sehingga persaingan yang kuat akan terjadi dalam berbagai bidang dan kuncinya siapa yg menguasai iptek, yang lebih kreatif inovatif, dialah yang akan unggul,” ujar Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPC AJWI Kabupaten Bogor ini.

Hal senada juga diutarakannya Ketua Pakar DPC AJWI Dian Asmara atau yang akrab disapa Kang Paul yang berpesan agar pemuda dapat terus berkarya tanpa letih, terus membangun sinergitas dengan semua elemen.

Advertisement

“Pemuda jangan pernah letih untuk berkarya di lingkungannya, nasib negeri ini berada di pundak para pemuda/i nya,” terangnya.

“Jalin sinergisitas dengan semua elemen yang ada untuk memperkuat pergerakan menuju hal yang lebih baik lagi,” tambahnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Umum DPP AJWI Neneng A. Tuty menyatakan sangat mengapresiasi peran Karang Taruna yang terus eksis dari zaman ke zaman.

“Karang Taruna dari zaman ke zaman luar biasa, terukur, terukir di seluruh Indonesia dan terkenal hingga saat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Sekjen Laskar Merah Putih dalam kesempatannya juga mengajak Karang Taruna agar terus berkarya demi kemajuan bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan karang taruna terus berkarya dalam karya kita, mari kita kita bersama-sama berkarya,” tuturnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh ketua DPC AJWI Kabupaten Bogor Nimbrod Rungga atas kemitraan yang terbangun bersama dengan AJWI oleh semua pihak khususnya karang taruna dan insan media serta Asosiasi Pengusaha Wanita Mandiri (APWMI) yang bergabung bersama dengan DPC AJWI Kabupaten Bogor.

“Atas nama pribadi dan pengurus menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kemitraan yang terbangun selama ini, khususnya pada rekan-rekan karang taruna, media pers dan APWMI,” ungkapnya.

Menurutnya, keakraban yang terbangun bersama ini di dasari pada visi misi AJWI yaitu mempersatukan bangsa dan negara melalui jurnalisme warga.

“Maka tak heran kalau pengurus AJWI ada yang dari media, karang taruna, APWMI, mahasiswa, sipil, ASN, buruh, pedagang, wiraswasta, guru, ustad, pendeta, dan lainnya,” beber Bendahara Forum Pimpinan Redaksi Nasional Kabupaten Bogor ini.

“Harapan saya, Semoga AJWI dapat melengkapi warga khususnya karang taruna dan siswa-siswi sekolah yang ada di Kabupaten Bogor melalui pelatihan jurnalis warga (citizen journalist),” imbuhnya.

“Sehingga melalui mereka, banyak kegiatan-kegiatan yang positif di masyarakat dapat di ekspose melalui tulisan jurnalisme warga, sehingga daerah lain mendapatkan informasi yang membangun dan mengedukasi warga lain,” pungkasnya.

Reporter: Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: