Satupena DKI Jakarta Siap Wujudkan Kota Jakarta sebagai “City of Literature”

JAKARTA (KM) – Sebagai bentuk peran serta dalam mewujudkan Kota Jakarta sebagai City of Literature atau Kota Sastra Dunia, para penulis yang tergabung dalam Satupena DKI Jakarta telah berkomitmen untuk mengubah budaya lisan dalam masyarakat menjadi manusia yang berbudaya membaca dan menulis.

Demikian hasil dari pertemuan Perkumpulan Penulis Indonesia ‘Satupena’ DKI Jakarta, saat menggelar acara pengukuhan Pengurus periode 2022-2027 di Boho Coffee & Kitchen, Bekasi, Kamis, 14 April 2022.

Acara pengukuhan oleh Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia ‘Satupena’ Pusat, Denny JA, dilakukan secara simbolis dengan menyematkan pin Satupena kepada Ketua Satupena DKI Jakarta, Dad Murniah.

Dalam sambutannya, Dad Murniah menyatakan bahwa penulis yang tergabung dalam Satupena DKI Jakarta berasal dari latar belakang profesi yang beragam. “Mereka menjadikan menulis sebagai pekerjaan sambilan,” ujarnya.

Untuk itu, dia mengajak penulis yang tergabung dalam Satupena DKI Jakarta untuk mengubah budaya lisan di dalam masyarakat menjadi manusia yang berbudaya membaca dan menulis, tandasnya.

Sementara itu, Denny JA alam pidato sambutannya mengungkapkan hasil survei yang dilakukan Program for Internasional Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and. Development (OECD) pada tahun 2019.

“Hasil survey tersebut mengungkapkan masalah yang sungguh memprihatinkan, yaitu Indonesia menempati peringkat ke-62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara yang memiliki tingkat literasi rendah,” kata Denny JA.

“Oleh karenanya, dengan acara pengukuhan ini saya berharap, pengurus Satupena DKI Jakarta dapat membangkitkan gairah penulisan dan pembacaan buku bagi masyarakat,” harapnya.

Selain itu, dalam rangka menyambut peringatan Hari Kartini yang jatuh tanggal 21 April 2022, pada acara pengukuhan tersebut juga dilakukan acara bedah buku novel karya Sari Narulita yang berjudul “Cintaku di Lembata”.

Buku tersebut akan dibedah oleh Weni Rahayu, Ketua bidang Fiksi dari kepengurusan Satupena DKI Jakarta, dan akan dimoderatori oleh Sekretaris II Satupena DKI Jakarta, Ellyviani Ekaputri
Wulandari.

Sari Narulita sendiri merupakan pengurus Satupena DKI Jakarta sebagai penasihat.

“Sosoknya merepresentasikan perempuan Indonesia yang mandiri dan dapat mengembangkan dirinya melalui tulisan seperti yang diharapkan oleh RA Kartini,” jelas Weni Rahayu.

“Untuk lebih menyemarakkan acara, setelah bedah buku itu nanti juga ada acara pembacaan puisi oleh Monica Jr, Nur Hayati, dan Dhenok Kristianti, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Sari Narulita sebagai perwakilan perempuan harapan RA Kartini,” pungkas Weni.

Reporter: Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: