Ngabuburit Romantik Ramadan: Eksplorasi Seniman Musik Berbagai Genre di Purworejo

Romantik Ramadan 1443 H di Amphitheater Alun-alun Purworejo

PURWOREJO (KM) –  Pemerintahan Kabupaten Purworejo menggelar Romantik Ramadan 1443 H melalui inisiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam memberikan peluang kepada para pelaku seni untuk bisa mengeksplor kembali jiwa seninya.

Kegiatan dilaksanakan sore hari menjelang buka puasa atau ngabuburit selama 20 tiga hari di bulan Ramadan dan lima hari di masa lebaran ini di Amphitheater Alun-alun Purworejo.  Mulai hari kelima puasa (7/4) sampai dengan tanggal 30 April 2022 dan 4 Mei sampai dengan 8 Mei 2022.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purworejo, Woro Theresia mengatakan gelaran ini diisi oleh para seniman Purworejo dengan memanfaatkan ruang publik Amphitheater Purworejo.  

“Kegiatan atau acara tersebut akan diisi oleh para seniman musik berbagai genre oleh komunitas musik yang ada di Purworejo.  Ada dua puluh tiga talent atau group yang akan tampil baik dari penampilan kesenian tradisional maupun kekinian. Dari kesenian dolalak, jaran kepang, topeng ireng, hadroh, gambus, rege dan jenis musik lainnya akan ikut memeriahkan romantik ini,” jelasnya.

Harapannya, agar masyarakat Purworejo akan terhibur serta menjalin hubungan yang lebih baik lagi antara pemerintah dan masyarakat.

“Di mana masa pandemi ini, dukungan pemerintah itu tidak cukup hanya dari luar saja seperti aturan harus memakai masker dan aturan prokes lainnya. Tapi ada point penting lainnya yaitu tetap menjaga secara psikis dan psikologis hati masyarakat agar tetap senang dan bahagia serta relasi membangun rasa kepercayaan kepada seluruh komunitas yang ada,” lanjutnya.

Salah satu pengisi acara Romantik Ramadan Purworejo, Ayis dari Uncle Djink Band berharap dengan adanya acara ini akan membuka ruang ruang baru bagi komunitas musik di Purworejo. 

Advertisement

“Mudah-mudahan selalu mendapatkan support dari pemerintahan daerah baik itu tempat, acara dan waktu sehingga komunitas musik yang ada di Purworejo bisa berirama kembali  setelah pandemi ini tentunya,” harapnya.

Berawal dari media sosial Youtube membawakan lagu- lagu rege, tahun 2016 Ayis menyediakan ruang untuk teman- teman Uncle Djink untuk bisa bersama- sama menerima job dari kelas rumah makan , cafe sampai job manggung di dalam maupun luar daerah.

Uncle Djink sudah mengeluarkan 17 single dan rilis satu bulan sekali serta bisa dilihat di akun Youtube Fahmi Aziz Channel dan IG Uncle Djink.

Vokalis Uncle Djink ,Rohmadi tergabung dalam komunitas motor Vespa Purworejo maka dalam kesempatan ini, komunitas vespa ataupun komunitas motor lainnya ikut meramaikan acara iniNgabuburit Romantik Ramadan di Amphitheater.

“Semua komunitas musik harap dihargai sebagai pelaku seni dengan baik, bukan hanya dihargai sebagai pengamen jalanan saja. Di Purworejo sendiri banyak musisi yang mempunyai talenta bagus khususnya anak- anak band,” ungkapnya.

Ketua Komunitas Vespa Purworejo Sugiono mengucapkan terima kasih kepada semua dinas terkait yang telah mengadakan kegiatan Romantik Ramadan.

“Kegiatan ini menjalin silaturahmi antar komunitas baik musik ataupun komunitas motor serta berharap khususnya untuk komunitas Vespa Purworejo ke depannya tetap semangat, bangkit, dan bersatu,” ujarnya.

“Dan membuktikan kalau komunitas Vespa itu akan selalu tertib berlalu lintas, mempunyai kegiatan yang positif dan bermanfaat untuk banyak orang, bukan komunitas urakan dan ekstrim,” ungkapnya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas pendidikan dan Kebudayaan berkoordinasi dengan pihak lain seperti Satgas Covid, Kodim, Polres, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Reporter: Evie

Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: