Respon Keluhan Penumpang Penerbangan JT-137, Manajemen Lion Air Minta Maaf dan Berikan Klarifikasi

TANGERANG (KM) – Manajemen maskapai penerbangan Lion Air mengeluarkan rilis resmi terkait viralnya berita penumpukan sejumlah penumpang pelaku perjalanan dalam negeri di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Minggu, 27 Maret 2022.

Dilansir dari Medcom.id, akun Twitter @asdfghjklzz13 merupakan salah satu penumpang yang sempat mengeluh soal penumpukan tersebut. Dia menyebut para penumpang maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT137 menunggu bagasi masing-masing hingga pukul 20.40 WIB. Padahal para penumpang rute Bandara Tanjung Pandang-Bandara Soekarno-Hatta itu sudah mendarat pada pukul 17.40 WIB.

“Pesawat tiba di CGK (kode Bandara Soekarno-Hatta/Cengkareng) pukul 17.40 WIB, tapi bagasi keluar pukul 20.40 WIB. Total 3 jam sampai keluar bagasinya,” jelas akun tersebut.

Atas peristiwa tersebut, pada 28 Maret 2022, Manajemen Lion Air (kode penerbangan JT) memberikan penjelasan operasional serta penanganan penumpang dan bagasi yang dititipkan (bagasi tercatat) pada Minggu (27/3) nomor terbang JT-137 rute Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Belitung (TJQ) tujuan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK).

Dalam rilis resmi yang diterima Kupasmerdeka.com 28/3, Corporate
Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan bahwa “operasional telah dijalankan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang mengutamakan aspek keselamatan, keamanan, serta sebagaimana yang tercantum dalam pedoman protokol kesehatan.”

Advertisement

“Lion Air penerbangan JT-137 telah dipersiapkan dengan baik. Jadwal keberangkatan pukul 14.55 WIB dan
diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 16.05 WIB,” jelasnya.

Danang menjelaskan bahwa pada penerbangan tersebut, Lion Air yang membawa 7 awak pesawat dan 189 penumpang tersebut mengalami keterlambatan keberangkatan dikarenakan dampak dari pergerakan pesawat (rotasi) yang disebabkan faktor cuaca, sehingga pada rotasi pesawat sebelumnya, Lion Air harus menunda keberangkatan.

Selanjutnya pesawat yang dioperasikan Lion Air tiba di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin pada pukul 16.05 WIB. Setelah proses persiapan layanan di darat (ground support) selesai, Lion Air penerbangan JT-137 berangkat pukul 16.55 WIB dan sudah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 17.45 WIB.

Kemudian pesawat parkir di landas parkir (apron) Terminal 1A, proses penanganan penumpang pun menggunakan bus penghubung menuju Terminal 2D.

“Saat tahapan penanganan bagasi, kondisi cuaca hujan deras yang mengakibatkan tertundanya penurunan bagasi. Proses penurunan bagasi dan pengantaran bagasi dimaksud ke Terminal 2D membutuhkan waktu dan dilakukan setelah kondisi cuaca membaik,” ungkap Danang.

“Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul.
Lion Air telah berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik,” pungkasnya.

Reporter : Sudrajat
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: