Menko Perekonomian Janji Dukung Bupati Halteng untuk Percepatan Pembangunan

HALMAHERA TENGAH (KM) – Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara, beserta Wakil Bupati, Abd. Rahim Odeyani, berkesempatan bertemu dengan Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, di ruang kerja Menteri, Jumat, 11 Februari 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Halteng melaporkan progress pembangunan dan masalah aktual daerah diantaranya, percepatan revisi RTRW, pembangunan Kawasan Industri Teluk Weda, progres pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas wilayah, peningkatan SDM melalui pendirian Politeknik Industri Negeri Weda, percepatan pembangunan Bandara Weda, serta peningkatan PAD yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) sektor pertambangan termasuk penguatan ekonomi di daerah.

Bupati Halteng yang akrab disapa Elang ini juga melaporkan progres Proyek Strategis Daerah (PSD) yang dibangun menggunakan APBD murni senilai Rp1.4 triliun seperti pembangunan Weda Plaza, Stadion Fagogoru Halmahera, infrastruktur jalan, air bersih dan perumahan, infrastruktur pendidikan dan kesehatan, serta perdagangan/jasa dan kepariwisataan guna mendukung kebijakan pemerintah dalam percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan telah mengirimkan proposal peresmian kepada Presiden RI.

Dalam kesempatan tersebut, Elang juga meminta kesediaan Menko Perekonomian untuk berkenaan hadir dalam peresmian Proyek Strategis Daerah yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022.

Advertisement

Merespon laporan tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya atas kemajuan pembangunan daerah yang telah dicapai Elang-Rahim, ia pun berharap agar prestasi tersebut dapat terus ditingkatkan untuk kemajuan daerah yang dipimpinnya.

Airlangga Hartarto juga menyampaikan kesediaannya untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Tengah dalam mempercepat target pembangunan, dan dirinya telah menugaskan Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Wahyu Utomo, untuk mencatat dan menindaklanjuti hal-hal yang telah disampaikan Bupati.

Selain urusan pemerintahan, Airlangga juga meminta Elang untuk melaporkan kondisi aktual politik lokal di Maluku Utara. Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini berharap agar Elang sebagai kader Golkar, harus memiliki ikhtiar politik dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dinamika politik Maluku Utara.

Bak gayung bersambut, Elang pun menyatakan siap melaksanakan penugasan dari Partai dan meminta Ketum DPP Partai Golkar untuk berkenaan meresmikan Kantor DPD Partai Golkar Halmahera Tengah yang akan dirampungkan pembangunannya pada bulan Mei 2022.

Reporter: Sudrajat

Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: