Warga Ciderum Geruduk Kantor Kecamatan Caringin, Ini Pasalnya

BOGOR (KM) – Puluhan warga Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor melakukan aksi unjuk rasa di area Kantor Kecamatan, Senin,10 Desember 2022.

Aksi warga itu dipicu oleh adanya sejumlah pengusaha yang membuka tempat wisata di daerah Gunung Leuweung Larangan Pancawati, yang memicu terjadinya kemacetan di dua arah sepanjang jalur gang pasar Cikereteg menuju Pancawati maupun sebaliknya.

“Kami menuntut agar pihak Kecamatan bisa mempertemukan antara warga Ciderum dengan para pengusaha obyek wisata di wilayah Pancawati atas dan sekitarnya,” kata Kepala Dusun Desa Ciderum, Didin Sobandi kepada Wartawan di lokasi aksi.

Ia menegaskan, aksinya bersama warga itu bukan untuk menyudutkan salah satu pihak. Namun, hanya ingin mencari solusi atas terjadinya kemacetan yang sangat merugikan khususnya bagi warga Ciderum.

“Intinya kami ingin mencari solusi soal kemacetan, khususnya di jalan Desa Ciderum dan umumnya jalan raya Sukabumi,” ungkapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Ciderum, Pepen Ependi menyatakan bahwa pertemuan pada hari ini belum mendapatkan hasil sebagaiman yang diharapkan oleh warga.

“Belum ada hasil, tapi pihak Kecamatan rencananya akan menemui pihak pengusaha. Rencananya, bu Camat dan pak Kapolsek akan membantu menfasilitasi pertemuan antara warga dengan pihak pengusaha. Kalau nanti tidak ada hasil, kami akan menutup akses jalan Ciderum untuk sementara,” tegas Pepen.

Advertisement

Dilokasi yang sama, Kapolsek Caringin AKP Waluyo membenarkan adanya warga Ciderum yang melakukan aksi unjuk rasa di kantor Kecamatan Caringin.

“Mereka hanya menyampaikan aspirasi dan keluhannya terkait kemacetan lalu lintas supaya bisa segera terpecahkan. Kami akan bergerak cepat untuk mengambil langkah dan tindak lanjut kelapangan,” ucap Kapolsek.

Kapolsek meminta agar warga Ciderum tidak melakukan hal-hal yang bisa merugikan warga lainnya, seperti menutup jalan. Karena, pihaknya bakal membantu dan menjembatani agar persoalan yang dikeluhkan warga segera terselesaikan.

“Kami berharap persoalan ini dapat segera terselesaikan sesuai dengan keinginan dan harapan warga tanpa ada satu pihakpun yang dirugikan,” terangnya.

Sementara itu, Camat Caringin Euis Ratna Komala mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan berkomunikasi dengan para pengusaha yang dimaksud oleh warga pendemo.

“Secepatnya ya, kami akan menemui dulu para pengusaha obyek wisata di kawasan Pancawati atas. Setelah itu, hasilnya baru nanti kita sampaikan, yang penting kan permasalahan ini bisa selesai,” tuturnya.

Reporter : Raden

Editor : Soedrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: