Langganan Macet, Warga Puncak Tuntut Solusi Dari Pemkab

BOGOR (KM) – Kemacetan di jalur Puncak sudah menjadi fenomena yang tidak asing lagi, meskipun banyak upaya yang sudah dilakukan untuk mengurai antrian kendaraan tersebut. Mulai dari pemberlakuan rekayasa lalulintas one way (satu jalur atau arah), ganjil genap (Gage), sampai pemberdayaan jalur lingkar selatan dan lingkar utara.

Namun, upaya tersebut tidak memberikan efek kepada jalur lain, contohnya, saat one way diberlakukan, maka terjadi penumpukan kendaraan dari mulut tol Ciawi sampai Gadog. Demikian juga dengan jalan alternatif lingkar selatan, yang bisa tembus ke Puncak, berakibat pada macetnya ke wilayah lain seperti Pasar Cikereteg dan jalan Veteran Ciawi.

Berdasarkan pantauan KM, titik rawan kemacetan di jalur Puncak adalah di sekitar Gadog, di persimpangan jalan menuju arah Sukamanah tembus ke jalur Puncak.

Sejak dulu, masyarakat menginginkan agar di daerah tersebut dibuatkan jembatan, agar mobil yang akan memasuki arah puncak bisa melewati jembatan tersebut, dan yang akan masuk tol (arah Jakarta) bisa masuk lewat bawah jembatan.

“Titik kemacetan tidak berubah. Mulai dari simpang Gadog, simpang Megamendung dan simpang Pafesta. Pada titik simpang Megamendung dan Pafesta perlu di buat Traffic light. Sementara simpang Gadog harusnya dibangun fly over

Advertisement
(Jembatan Layang, red),” ungkap Aktivis Rumpun Hijau, Sunyoto, Senin, 10 Januari 2022.

Terpisah, Pembina Forum Masyarakat Ciawi Peduli (Formacip), Uka, sangat menyayangkan jika sampai saat ini belum ada solusi untuk kemacetan di jalur Puncak.

“Kalau Pemkab bisa membangun Sky Bridge di wilayah Bojong Gede, mengapa tak bisa membangun fly over di Gadog, ini layak jadi pertanyaan, karena kawasan wisata Puncak memberikan PAD yang luar biasa besar, seharusnya itu jadu prioritas,” sesal Uka.

Dia juga sangat menyayangkan kebijakan-kebijakan Pemkab Bogor untuk wilayah Selatan Kabupaten Bogor yang terkesan di anak tirikan.

“Coba lihat di wilayah barat dibangun alun-alun atau taman tematik, di Cibinong ada Tugu Pancakarsa. di selatan dibangun apa? Tugu Macan yang selama ini jadi icon Ciawi aja sudah usang, dan dirawat oleh Pemkot Bogor,” tandasnya.

Reporter : Raden

Editor : Soedrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: