Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Kenalkan Aplikasi Dasawisma Bernama “Si Gadis Jambi”

Ketua TP-PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Al Haris (Dok. KM)
Ketua TP-PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Al Haris (Dok. KM)

JAKARTA (KM) – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi Hesnidar Al Haris didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bungo dan Kabupaten Merangin, menghadiri langsung kegiatan Rapat Koordinasi Nasional PKK 2021 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat 10 Desember 2021.

Dalam kesempatan wawancara dengan Kupasmerdeka.com, Hesnidar mengatakan bahwa untuk prioritas program PKK Provinsi Jambi pada tahun 2021 yaitu Dasawisma berbasis online yang diberi nama Si Gadis Jambi.

Hesnidar berharap, penyediaan sistem aplikasi berbasis teknologi informasi ini dapat mempermudah kelompok Dasawisma dalam melaksanakan tugas penjaringan data keluarga, data kegiatan warga dan data regenerasi keluarga.

Dasawisma sendiri merupakan kelompok ibu rumah tangga yang berasal dari 10 KK (Kepala Keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program PKK.

Ketua Umum TP-PKK dan Ketua TP-PKK Provinsi Jambi (tengah), didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bungo dan Kabupaten Merangin

“Prioritas program kita di tahun ini adalah Dasawisma yang berbasis online, jadi kita sudah siapkan aplikasinya yang diberi nama Si Gadis Jambi alias Sistem Informasi Keluarga Dasawisma Jambi. Aplikasi ini sudah kita sosialisasikan dan akan kita tingkatkan karena ini adalah program yang baru diluncurkan, maka TP-PKK Kabupaten/Kota juga harus menganggarkan ini, sehingga pelaksanaannya bisa maksimal kedepannya,” ujarnya, Jumat 10/12.

“Dan ini saya yakin sangat bermanfaat bagi Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, karena selama ini pendataan secara manual oleh TP-PKK tidak tersimpan dengan baik, maka dengan sistem digital ini diharapkan akan membawa dampak yang luar biasa, sehingga kita akan memiliki data yang benar-benar akurat,” jelas istri orang nomor 1 di Provinsi Jambi ini.

Advertisement

Terkait dengan penanganan Stunting yang sempat disinggung oleh Ketua Umum PKK, Ibu Tri Tito Karnavian dalam pidato arahannya, Hesnidar Al Haris mengungkapkan bahwa persoalan stunting merupakan masalah kita semua di setiap Kabupaten/Kota.

“Maka kita di Provinsi Jambi, kemarin di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah memberikan contoh bekerjasama dengan SEAMEO Recfon dan juga kerja sama dengan berbagai pihak dan universitas universitas yang ada di daerah seperti Universitas Jambi dimana ada inovasi baru yang mereka ciptakan untuk penambahan gizi, karena diantara permasalahan berat stunting ini adalah terkait permasalahan gizi buruk,” lanjutnya.

Suasana Kegiatan Rakor PKK Nasional 2021 (Dok.KM)

SEAMEO Recfon sendiri merupakan organisasi bidang pangan dan gizi kerja sama menteri-menteri pendidikan se-Asia Tenggara dengan pengampuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terus berkontribusi dalam program-program pengentasan stunting.

“Jadi dari Universitas Jambi Fakultas Peternakan telah menemukan inovasi baru makanan yang mengandung protein dan kalsium tinggi yang sangat bermanfaat bagi penderita gizi buruk, inovasi itu berupa makanan yang dibuat menjadi nugget yang diberi campuran bumbu dari kulit telur, dan ini kemarin mendapatkan penghargaan dari SEAMEO Recfon,” ungkapnya.

“Jadi cangkang telur yang selama ini kita anggap limbah ternyata mempunyai protein dan kalsium yang tinggi yang baik untuk dikonsumsi tentunya dengan proses pengolahan yang benar,” pungkasnya.

Reporter : Sudrajat
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: