Ingin Angkat Nama Jambi di Bidang Kriya, Hesnidar Haris Kunjungi Kantor Pusat Dekranas

JAKARTA (KM) – Melengkapi rangkaian kegiatan kerja di Ibukota DKI Jakarta, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hesnidar Haris beserta rombongan mengunjungi Rumah Kriya Asri yang merupakan Kantor Pusat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Indonesia, Jumat 17 Desember 2021.

Kedatangan Hesnidar Haris disambut langsung oleh Wakil Sekjen Dekranas Indonesia, Sondang Pasaribu dan beberapa pengurus Dekranas lainnya dilanjutkan kegiatan diskusi santai.

Dalam sesi wawancara usai kegiatan diskusi, Hesnidar Haris yang baru dilantik pada 16 November 2021 lalu sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Jambi periode 2021-2024, mengaku jika kunjungannya tersebut bersifat mendadak sebelum dirinya bertolak kembali ke Provinsi Jambi usai mengikuti beberapa rangkaian kegiatan di Jakarta terkait dengan tugas dan amanat yang diembannya baik sebagai Ketua TP-PKK Provinsi Jambi maupun sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Jambi.

“Alhamdulillaah hari ini kami dari Dekranasda Provinsi Jambi berkunjung ke Dekranas, dan karena memang kami sedikit dadakan, maka memang disini sedang tidak banyak pengurus yang hadir karena sedang melakukan berbagai tugas, apalagi ketua harian yang sangat sibuk dengan jadwal Dekranas dan PKK nya,” ujar Hesnidar Haris.

Foto: Suasana diskusi tim Dekranasda Provinsi Jambi dengan pengurus Dekranas (Dok.KM)

“Tadi kami telah melakukan diskusi untuk meminta masukan-masukan yang memang kami butuh untuk kemajuan Dekranasda Provinsi Jambi dengan ide-ide dan program yang tepat sasaran. Kedepannya tentu yang paling penting adalah bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat, bisa memajukan pengrajin, meningkatkan ekonomi dan juga mengangkat nama Jambi dibidang Kriya-nya,” jelas Hesnidar.

Hesnidar berharap, kedepannya akan mendapat masukan-masukan dan mungkin dari Dekranas akan siap jika diundang ke Jambi untuk melakukan pendampingan, sehingga program kedepan benar benar program yang mengikuti kekinian zaman.

“Saya melihat Dekranas sangat luar biasa gebrakannya akhir-akhir ini, dimasa pandemi ini benar-benar mengikuti trend pemasaran melalui online memanfaatkan media digitalisasi, nah ini kita di daerah yang mesti belajar banyak, dan kita ingin agar ditularkan ilmu-ilmunya,” ungkap istri Gubernur Jambi ini.

Advertisement

“Yang jelas kita terus memotivasi para pengrajin, promosi, kemudian bagaimana meningkatkan pemasaran (market place) seperti yang sudah dilakukan Dekranas dan itu yang memang sedang kita tingkatkan dan memang sudah kita laksanakan, tentunya kami ingin lebih hebat lagi untuk Provinsi Jambi sesuai visi misi yang disampaikan Bapak Gubernur yaitu Jambi yang mantap,” lanjutnya.

“Pak Gubernur juga pada saat pelantikan pengurus Dekranasda, beliau memacu kita agar terus berkarya dan mengharapkan sekretariat Dekranasda yang gedungnya sudah cukup memadai, beliau ingin kedepannya bisa benar-benar menjadi Pusat Belanja Kriya di Provinsi Jambi dan menjadi Mall nya UMKM di bidang Kriya sekaligus sebagai pusat edukasi bagi masyarakat,” terangnya.

Foto: Wasekjen Dekranas, Sondang Pasaribu saat diwawancarai (Dok.KM)

Dalam kesempatan yang sama, Wasekjen Dekranas saat diwawancarai menyatakan berterima kasih kepada Ketua Dekranasda Provinsi Jambi yang telah berkenan hadir di Rumah Kriya Asri, namun karena memang mendadak, sehingga hanya bertemu dengan pengurus yang kebetulan hadir saja.

“Beberapa hal memang kita telah bertukar pikiran yang intinya untuk memajukan pengrajin Jambi, dari yang kita lihat tentunya yang harus sinergi dengan program-program kementerian, kemudian bermitranya dengan lembaga, nah itu semua untuk kemajuan pengrajin dari hulu sampai hilir, dari bahan baku sampai dengan pemasaran,” ucapnya.

“Rencana ibu Gubernur tadi sudah bagus, salah satunya tadi dibilang akan membuat Mall bagi pengrajin, itu kita aminkan semoga memang bisa terlaksana walaupun dalam jangka panjang, namun kalau memang niat dari awal untuk melaksanakan, itu semua bisa terlaksana. Konsultasi dan kunjungan seperti ini sangat baik, kami juga menerima masukan dari Dekranasda dan Dekranasda juga menayanyakan apa yang sudah kita lakukan di pusat,” pungkasnya.

Reporter : Sudrajat
Editor : HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: