DPP GAAS dan PP LBH Sukses Gelar Diklat Paralegal Gelombang ke II

JAKARTA (KM) – Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Advokat & Aktivis (DPP GAAS) bekerja sama dengan Pengurus Pusat Lembaga Bantuan Hukum Gerakan Advokat & Aktivis (PP LBH GAAS) menggelar acara Pendidikan dan Pelatihan Paralegal gelombang ke II di Hotel Losari Gambir, Jakarta Pusat.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum DPP GAAS Rudy Silfa yang juga merupakan Pembina LBH GAAS, Bendahara Umum DPP GAAS Soedarto Rimbun yang juga selaku Penasehat PP LBH GAAS, Sekretaris Jenderal DPP GAAS Suta Widhya yang juga sebagai Penasehat PP LBH GAAS, Direktur PP LBH GAAS A.R. Mangi, Wakil Ketua Umum DPP GAAS Dody M Zuhdy, serta narasumber HM Subagyo Eko Prasetyo yang juga sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP GAAS.

Acara diklat paralegal tersebut dimulai pada jam 08:00 wib dan dipandu langsung oleh moderator/MC Arman dari DPP GAAS dengan menghadirkan 5 narasumber yang mengisi materi yang diikuti oleh 88 peserta yang hadir tatap muka dan 33 peserta melalui Zoom.

Menurut HM Subagyo Eko Prasetyo, paralegal didefinisikan sebagai orang yang melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan hukum namun tidak mempunyai kualifikasi sebagai praktisi hukum yang memiliki tugas utama membantu advokat, di antaranya untuk pekerja administratif dan pengarsipan dokumen.

Sementara itu, Ketua Umum DPP GAAS, Rudy Silfa, mengatakan bahwa tujuan diadakan pendidikan dan pelatihan paralegal ini untuk membekali paralegal dan masyarakat tentang pengetahuan hukum yang dapat melindungi haknya, sehingga mampu menemukan solusi atau strategi dalam menyelesaikan kasus kasus yang dihadapi.

Advertisement

“Selain pengurus dan anggota GAAS, diluar pengurus pun bisa mengikuti pelatihan dan pendidikan paralegal dan ini dibuka untuk umum bagi yang ingin belajar dan menambah wawasan tentang hukum terutama untuk paralegal serta akan mendapatkan sertifikat paralegal, KTA Paralegal dan seragam paralegal serta materi pendidikan dan pelatihan paralegal resmi dari DPP GAAS dan PP LBH GAAS Pusat,” ujar Rudy Silfa.

“Pelatihan ini juga sangat penting dan diharapkan bagi pengurus dan anggota GAAS khususnya untuk sama sama mengikuti pelatihan dan pendidikan paralegal yang berprofesi sebagai advokat guna untuk membantu bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum,” tambahnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Bidang Media DPP GAAS, Zainal Abidin, yang mengatakan bahwa pendidikan dan pelatihan Paralegal ini tujuan utamanya adalah agar para peserta diklat bisa mengambil pemahaman tentang hukum yang diberikan oleh 5 narasumber sehingga bisa membantu masyarakat tanpa memandang status sosial dan ekonominya, terutama bagi mereka yang berkeinginan dalam penegakan keadilan dan mendapatkan kedudukan yang sama dimata hukum.

“Bagi yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Paralegal Gelombang Ke II ini dengan melalui sesi tanya jawab secara tatap muka langsung diberikan hadiah berupa Buku Pedoman tentang Hukum, bagi yang bisa jawab dari pertanyaan yang diberikan oleh ketua Umum DPP GAAS Rudy Silfa yang nantinya bisa digunakan pegangan kita khususnya untuk paralegal,” pungkas Zainal Abidin.

Reporter: Red

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: