Kades Julang Cikande Nyatakan Siap Dukung dan Kembangkan Seni Budaya Pencak Silat

SERANG (KM) – Pertunjukan pentas seni pencak silat yang menghadirkan paguron dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Cikande, Kecamatan Kopo, dan Kecamatan Bandung mengundang antusiasme warga. Pentas seni tersebut kali ini ditampikan di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, 21/11.

Adapun perguruan silat yang tampil dalam pentas adalah Paguron Mama Kilat dari Kecamatan Cikade pimpinan Sarifudin, Paguron Maung Depa dari Kecamatan Kopo pimpinan Endi, dan Paguron Silambawiqri Pusaka Bandung dari Kecamatan Bandung pimpinan Ricky Agus Hermawan.

Maman, salah satu warga yang hadir menonton menyatakan keharuannya melihat pentas seni silat tersebut.

“Saya sangat terharu melihat anak-anak paguron pentas di atas panggung, semoga pentas seni pencak silat ini di Desa Julang terus berkembang,” ujar Maman kepada kupasmerdeka.com 21/11.

Sementara itu Karso, Kepala Desa Julang Kecamatan Cikande, dalam wawancaranya dengan KM menyatakan siap mendukung dan mengembangkan budaya seni pencak silat di wilayahnya.

“Tentunya saya sangat berterima kasih kepada Haji Yana Suryana (Ketua IPSI), Dinas Budaya yang telah hadir dan memfasilitasi kegiatan ini di Desa Julang,” jelas Karso.

“Semoga kegiatan ini selalu ada di setiap tahun, dan saya sebagai Kepala Desa Julang mensuport dan siap kembangkan budaya seni pencak silat agar terus terlestarikan,” lanjutnya.

Advertisement

Di tempat yang sama, Kabid Budaya, Beni Kusnandar dalam sambutanya menyatakan akan terus mendorong kegiatan serupa di tahun depan.

“Pentas seni pencak silat ini akan terus kami dorong agar di tahun depan bisa tampil 80 paguron dalam kegiatan ini,” jelas Beni.

“Tak hanya itu, di Kecamatan Cikande ini karena belum terbentuk IPSI nya, gimana kalau pak Kades yang jadi Ketua IPSI setuju gak?” ujar Beni disambut teriakan setuju dari Ketua dan Sekjen IPSI beserta para paguron dan masyarakat yang hadir.

Pernyataan dukungan juga dilontarkan Supriadi selaku Banbinsa setempat yang menyatakan bangga dengan pagelaran acara tersebut.

“Karena pencak silat ini adalah warisan leluhur kita, agar kita semua bisa terus melestarikan dan mengembangkan budaya pencak silat,” kata Supriyadi.

Sarip, pimpinan dari Paguron Mama Kilat, dalam kesempatan tersebut berharap kepada para Paguron yang ada di Kecamatan Cikande agar bisa terus berkembang agar semua paguron bisa terus berkarya dan berdaya.

“Saya beserta paguron sangat setuju sekali pak Karso (kades) menjadi Ketua IPSI Kecamatan Cikande,” pungkas Sarip.

Reporter: Acun sunarya

Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: