Proyek Turap di Perumahan PTI Tambun Selatan Diduga Langgar Spek

Bekasi (KM) – Proses pekerjaan turap kali utama Perumahan Pondok Timur Indah (PTI) RW 16, 17, 18 Kelurahan Jati Mulya, Tambun Selatan diduga menyalahi ketentuan dan aturan perjanjian teknis kerja. Kontraktor dalam kegiatan tersebut, CV Kevin Jaya Mandiri, dengan anggaran Rp610.066.834,- terpilih melalui proses Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) APBD 2021 Kabupaten Bekasi.

Mirisnya, dari proses pemasangan batu penahan tanah dalam proyek itu, menyisakan bongkaran batu lama yang diduga kemudian dipasangkan kembali.

Tak hanya itu, ketentuan jarak antara cincin pembesian (sekang) lebih renggang dari ketentuan spek 15 cm menjadi 17 sampai 19 cm.

Dari hasil konfirmasi media kepada Agus Somantri selaku PPTK, dirinya menjelaskan, untuk pekerjaan harus sesuai gambar dan ketentuan (spek) pada pembesian turap, antara sekang/cincin yakni berjarak 15 sentimeter.

“Ketentuan jarak biasanya tukang mengukur menggunakan jengkalan tangan,” kata Agus saat dikonfirmasi via telepon oleh Kupasmerdeka.com 16/9.

Lebih lanjut, Agus yang akrab disapa Agay itu mengaku jarang turun ke lapangan karena kesibukannya di kantor, sehingga tidak mengetahui persis untuk proses kegiatan itu.

Advertisement

“Cuma saya sudah mengarahkan konsultan supervisi yang berkewajiban mengawasi dan sebagai pengawas pendamping tentang teknis kegiatannya,” ujarnya.

Sementara itu, hasil dari konfirmasi media kepada Aca selaku konsultan supervisi beberapa waktu lalu sempat tidak merespon saat dimintai tanggapan, dan ketika konfimasi ulang menyatakan kalau dirinya sudah mengarahkan pelaksana pekerjaan turap agar tidak menggunakan batu bekas bongkaran.

“Sebelumnya sudah saya arahkan juga, agar mengumpulkan batu bekas bongkarannya terpisah dan jangan dipasang lagi tercampur dengan batu yang baru,” kata Aca saat dihubungi melalui telepon, Kamis (16/9/2021).

Ketika dipertanyakan terkait jarak cincin (sekang) pembesian penahan tembok, Aca pun menjawab untuk jarak persekment harus 15 centi meter

Namun, dari hasil pantauan media dilokasi kegiatan, ditemukan jarak persekment rata-rata 17 sampai 19,

Mendapatkan informasi yang sampaikan media, Aca mengatakan bergegas akan melakukan peneguran kepada pihak mandor lapangan supaya segera diperbaiki.

Reporter : KM Bekasi

Editor : Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: