Anjungan Jambi TMII Raih Predikat Memuaskan Dalam Audit CHSE Pariwisata

Auditor CHSE bersama pimpinan dan staf Anjungan Jambi di TMII, Jakarta (dok. KM)
Auditor CHSE bersama pimpinan dan staf Anjungan Jambi di TMII, Jakarta (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Hasil Audit Sertifikasi CHSE Pariwisata yang dilaksanakan pada hari Senin, 13 September 2021 di Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, menyatakan bahwa Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dinyatakan “Lulus” dengan skor 93 predikat “Memuaskan”.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Auditor CHSE Kementerian Pariwisata Nurdini di hadapan pimpinan Anjungan Jambi beserta staf dan pendamping auditor dari manajemen TMII.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, setelah melihat langsung dan melakukan penilaian, dapat kami sampaikan bahwa skor akhir penilaian CHSE Kementerian Pariwisata terhadap Anjungan Jambi TMII, nilainya adalah 93 dengan predikat ‘Memuaskan’, artinya Anjungan Jambi berhak memperoleh Sertifikat CHSE,” ujar Nurdini.

Dalam sesi wawancara, Dini menyampaikan bahwa bukan hanya slogan dan tulisan-tulisan, tapi pihaknya juga sudah melihat langsung bagaimana protokol kesehatan benar-benar diterapkan terhadap tamu/pengunjung yang datang di Anjungan Jambi.

“Pas banget ya, saat saya sedang menjalankan audit, ada rombongan dari TNI, dan saya lihat langsung bahwa Protokol Kesehatannya sudah dijalankan dengan sangat baik, meskipun mereka cukup ramai, semua sudah memakai masker, menjaga jarak dan terlihat cukup tertib,” ungkap Dini.

“Saya juga melihat bahwa sampah organik dan non organik, sampah basah, sampah kering semua sudah dipisahkan, juga petugas kebersihannya juga sudah berkerja dengan baik, dan saya juga lihat fasilitas publiknya seperti musala dan toiletnya juga sangat bersih,” lanjut Dini.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengimbau kepada para wisatawan yang ingin berkunjung ke Anjungan Jambi TMII agar tidak perlu khawatir, sebab Anjungan Jambi TMII telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Advertisement

“Untuk wisatawan ya, yang mau berkunjung ke Anjungan Jambi, silakan datang dan berkunjung ke Anjungan Jambi, jangan khawatir, sebab Anjungan Jambi telah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik,” jelas Dini.

Sementara itu Plt Kasubbid Promosi Informasi dan Seni Budaya Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi sekaligus Plh Pimpinan Anjungan Jambi TMII, Deny Husni, menyampaikan rasa syukur dan ucapan terimakasih atas dukungan dari Kepala Badan, dan kerja keras rekan-rekan kerjanya di Anjungan Jambi TMII.

“Alhamdulillah ya dalam kondisi pandemi, kondisi tempat kerja yang sebentar lagi akan di rehab, tapi kawan-kawan semua tetap bersemangat. Sertifikat CHSE ini adalah hal baru yang kita raih, tanpa dukungan dari pimpinan (Kepala Badan Penghubung) dan kerja keras seluruh rekan-rekan kerja di Anjungan, mustahil kita bisa meraih sertifikat ini, dan ini belum selesai, sebab setelah ini, dimana masih ada catatan dari Auditor, harus kita usahakan lagi untuk disempurnakan,” terang Deny.

Sebagai informasi, Sertifikasi CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Reporter: Sudrajat

Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: