Kontraktor Nakal Kurangi Ketebalan Beton Pada Proyek Pengecoran Jalan Pejuang

Foto: Lokasi Pekerjaan Yang Berlokasi Di Pejuang RT003/011 Kecamatan Medan Satria. (Dok.KM)
Lokasi Pekerjaan di Jl. Pejuang RT003/011 Kecamatan Medan Satria (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pemerintah Kota Bekasi mengalokasikan anggaran APBD 2021 untuk pembangunan infrastruktur melalui Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi. Adapun pembangunan pengecoran jalan lingkungan dan pembangunan saluran air di beberapa wilayah perumahan di Kota Bekasi sudah dikerjakan.

Salah satunya perbaikan jalan di Jalan Pejuang, Medan Satria, dengan judul kegiatan “rekonstruksi jalan lingkungan RT003/011, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi” yang dikerjakan oleh CV Titian Karya Sarana.

Namun, pihak kontraktor diduga telah melakukan pengurangan volume beton saat ingin digelar dengan pemasangan papan bekisting yang dipendam.

Saat Kupasmerdeka.com mencoba untuk mengecek papan bekisting yang terpasang di lokasi kegiatan, terlihat papan yang dipendam kurang dari spesifikasi volume ketebalan yang ditetapkan, yakni hanya dengan ketinggian 6 sampai 7 sentimeter, sedangkan yang seharusnya dikerjakan kontraktor setebal 10 sentimeter.

Selain itu, pelaksana teknis (Peltek) dari Dinas Bina Marga dan konsultan saat di lokasi pekerjaan diduga tidak melakukan peneguran kepada kontraktor proyek atas ketidaksesuaian tersebut.

Advertisement

Saat akan dikonfirmasi KM, Budi selaku peltek yang mengawasi pekerjaan tersebut pergi meninggalkan lokasi mengunakan mobilnya, begitu juga konsultan sudah tidak ada di lokasi.

“Nanti kita lihat saja dari hasil ukurannya pas pengajuan PHO (Provisional Hand Over-PHO),” ujar Hendro selaku konsultan supervisi saat dikonfirmasi KM via WhatsApp 5/8.

Terpisah, Azis, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) UPTD Medan Satria di Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, saat dimintai tanggapan soal papan bekisting yang dikerjakan oleh CV Titian Karya Sarana, menjawab singkat supaya langsung ditegur saja.

“Ya sudah ditegur saja kontraktornya, kan yang mengerjakan proyek dia, ditegur saja,” pungkas Azis.

Reporter: Deni
Editor: Sudrajat

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: