Betonisasi di MGT Terjadi Keretakan, PPK: Sebelum Dibayar, Kontraktor Harus Tunjukkkan Lab Independen

Jalan retak di Perumahan Mutiara Gading Timur Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi

BEKASI (KM) – Proyek rekonstruksi jalan yang dianggarkan Pemerintah Kota Bekasi untuk perbaikan jalan lingkungan (jaling) memakai anggaran APBD tahun 2021, melalui Pokir DPRD Kota Bekasi, diselenggarakan Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi yang berada di beberapa lokasi yang dikerjakan kontraktor sudah mengalami keretakan pada rigid beton, diduga gagal konstruksi.

Salah satunya, pekerjaan betonisasi di RW28, RW29 dan RW33 Perumahan Mutiara Gading Timur (MGT) Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya sudah terjadi keretakan di beberapa titik. Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Idi Susanto mengatakan semuanya masih proses.

“Jadi kemarin semuanya sudah kita panggil, mulai dari rekanan kontraktor, pihak batching plant dan konsultan untuk rapat,” kata Idi kepada kupasmerdeka.com, Jumat, 27/8.

Ia pun menjelaskan nantinya pekerjaan yang bermasalah “sebelum pembayaran, pihak rekanan atau kontraktor harus bisa menunjukkan hasil beton di lab independen bukan dari lab kita dan sertifikasi kajian teknis pihak konsultan,” jelasnya.

Advertisement

“Kalau metode pekerjaannya yang salah, sanksinya akan kita denda sesuai dengan aturan yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, pemerhati infrastruktur Kota Bekasi, Bonggar M mengatakan terkait kegiatan tersebut seharusnya pihak Dinas harus lebih tegas dalam mengatasi permasalahan tersebut.

“Salah satu contoh, di RW 28 Perumahan MGT 2, adanya penambahan beton 5cm yang sudah terjadi keretakan. Seharusnya rigid beton yang pecah dibongkar dulu, baru dilakukan pengecoran ulang, ya kalau seperti itu cara metode pekerjaannya sama saja bohong, yang ada nanti akan terjadi kerusakan lagi dengan kekuatan beton 5cm. Yang menjadi pertanyaan apakah beton terdahulu bisa menyatu dengan beton yang baru?” ujarnya.

Reporter: Mon
Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: