Anggaran Bandes untuk BUMDes Sukamaju Cuma ‘Numpang Lewat’, Ini Kata Kades

Tampak Kantor Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Sukasari

SUBANG (KM) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukamaju, Kecamatan Sukasari, mendapatkan Bantuan Desa (Bandes) TA 2021 sebesar Rp150 juta. Namun, dana bantuan itu disebut hanya sekedar “numpang lewat” karena langsung dibagi-bagikan ke warga dalam bentuk simpan pinjam.

Kepala Desa Sukamaju H. Usup membenarkan anggaran BUMDes sebesar Rp150 juta yang bersumber dari Bandes TA 2021 sudah cair. Namun, dana tersebut diserahkan kepada dewan dan selanjutnya dibagikan ke warga sebagai pinjaman.

“Dana BUMDes sudah cair. Dana itu dari aspirasi, dari Bandes, sudah saya kasihkan ke dewan Supri dan sepengetahuan saya, itu sudah dikasihkan ke masyarakat dalam bentuk simpan pinjam,” ujar H. Usup saat dikonfirmasi media pekan lalu.

Dia menuturkan dana BUMDes dibagikan langsung oleh dewan tersebut kepada warga dalam bentuk pinjaman, dan disaksikan oleh aparatur desa.

“Dari bank itu saya yang ngambil uangnya, setelah itu saya kasihkan langsung ke dewan Supri, lalu dikasihkan ke warga sebagai pinjaman, disaksikan oleh BPD dan LPM,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, awalnya, dana itu ditolak oleh BUMDes yang diketuai oleh Rohmat, karena sekedar “numpang lewat”. Sehingga, dana tersebut disalurkan melalui BUMDes yang lain, yang diketuai oleh Cari.

Advertisement

“Jadi BUMDes di Desa Sukamaju itu ada dua, satu yang di Dusun Warnasari, ketuanya Rohmat dan yang kedua di Dusun Krajan Pundong, ketuanya Cari, di bawah naungan dewan Supri. Jadi dulu itu katanya bantuan cuma numpang lewat saja, jadi BUMDes gak mau menerima, alasannya karena uang itu hanya numpang lewat. Jadi yang dapat Bandes ini BUMDes yang ketuanya Cari,” paparnya.

Selanjutnya uang tersebut diberikan ke masyarakat untuk disimpanpinjamkan guna penambahan modal usaha. Nominal pinjamannya bervariasi.

“Nilainya variasi sesuai kemampuan warga, ada yang Rp5 juta, ada juga yang Rp2 juta,” ucapnya.

Kepala Desa Sukamaju mengatakan, pelaksanaan pemberian simpan pinjam ke masyarakat itu langsung disaksikan oleh Cari selaku Ketua BUMDes Pundong, Babinsa AD, Bhabinmas Polri, BPD serta LPM. “Saya juga ikut menyaksikan,” pungkasnya.

Reporter: Udin
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: