Hari Anak, RRI Bogor Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD

Radio Republik Indonesia Bogor Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD pada Kamis (22/7/2021)

BOGOR (KM) –  Sebanyak 96 anak dari Bogor dan sekitarnya mengikuti lomba bercerita anak yang diselenggarakan Radio Republik Indonesia (RRI) Bogor pada Kamis 22/7.

Lomba tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian Hari Anak Indonesia dengan mengikutsertakan anak sekolah tingkat SD dan sederajat. Mereka menampilkan berbagai kreasi dan inovasi cerita tentang kehidupan sehari-hari dan harapan terutama terkait Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Salah seorang juri dongeng dari Kota Hujan, Kak Bonci mengaku bangga dengan berbagai kreasi cerita anak yang menampilkan berbagai kehidupan sehari-hari dari anak Indonesia.

“Saat ini perlu adanya terobosan dalam menggali kreasi dan inovasi Indonesia dalam menampilkan minat dan bakat, terutama di bidang cerita, tidak mampu menggali apa yang ingin disampaikan harapan saat pandemi ini,” ungkap Kak Bonci.

Sementara itu, juri lainnya dari Psikolog Anak, Finda menjelaskan ajang lomba bercerita ini merupakan salah satu bentuk kembali menceriakan anak sekolah selama 1,5 tahun belajar dari rumah dengan sistem dalam jaringan atau online.

“Keceriaan anak sangat terlihat jelas dari cara mereka bercerita dengan menggunakan berbagai media untuk menggambarkan suasana hati kehidupan sehari-hari di tengah pandemi sekarang ini,” ujarnya.

Advertisement

Dalam lomba tersebut dari Bogor menampilkan 5 kreasi cerita terbaik dari 96 peserta yang sudah mendapatkan seleksi virtual. Penampilan kelima peserta itu berlangsung di auditorium RRI Bogor yang disaksikan ribuan penonton melalui media sosial YouTube, Instagram dan Facebook RRI setempat. Sedangkan dalam lomba tersebut, Nabila, siswi kelas 5 SD Cibuluh 1 menjadi juara dengan cerita berjudul “Indonesia Tangguh”.

Menurut Nabila, saat ini anak Indonesia harus bangkit dari terpaan pandemi sehingga semangat belajar tidak boleh kendur meski harus menempuh pembelajaran melalui dalam jaringan atau online.

“Lomba bercerita ini bisa mengobati rasa jenuh terhadap kondisi saat ini yang mengharuskan berada dalam rumah,” kata Nabila.

Pemenang lomba bercerita tersebut mendapatkan hadiah uang pembinaan jutaan rupiah dan berbagai produk sponsor untuk dapat menggairahkan semangat dalam menampilkan kreasi seni minat dan bakat dalam bercerita.

Selanjutnya pemenang pertama lomba bercerita tingkat RRI Bogor akan mengikuti ajang serupa tingkat nasional di Jakarta Agustus mendatang.

Reporter: ddy

Editor: MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: