Peserta Festival Tari Kreasi Melayu Jambi Tahun 2021 Kecewa, Tidak Sesuai Tema

Peserta Festival Tari Kreasi Melayu Jambi dari Anjungan TMII, Jakarta

JAMBI (KM) –  Festival Tari Kreasi Melayu Jambi yang diadakan Taman Budaya Provinsi Jambi dari tanggal 15 s/d 16 Juni 2021 diikuti 15 sanggar yang terdapat di Provinsi Jambi dan 1 dari Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah.

Reporter KM Jambi mewawancarai secara langsung Kepala Anjungan Jambi Taman Mini Indonesia Indah Deni Husni yang mendampingi Sanggar Diklat Selaras Pinang Masak dengan tim lengkap di bawah asuhan koreografer Puput Astagina.

Menurut Deni jika Taman Budaya terus seperti ini, tahun depan mungkin pihaknya tidak akan ikut lagi.   

“Karena yang kita ikuti hanya kegiatan-kegiatan yang memang berisikan tradisi Melayu Jambi. Jadi jika kegiatan lomba itu yang tadinya berakar pada kontemporer ataupun tema bebas maka kita tidak akan ikuti,” tegasnya.

“Saya merasa dari kegiatan ini maupun rekaman-rekaman yang sebelumnya bahwa lomba tari kreasi Melayu tidak berkiblat pada Anjungan Taman Mini yang memegang akar Tradisi Melayunya masih sangat kuat,” ujar Deni.

Advertisement

Sanggar tari Selaras Pinang Masak Anjungan Taman Mini Indonesia Indah di bawah asuhan Asnawi Nasution alias Bang Ucok turut berpartisipasi atas undangan dari Taman Budaya Provinsi Jambi. Bang Ucok berpendapat sama dengan Pimpinan Anjungan Jambi di TMII. 

“Sangat kecewa dengan keputusan juri tersebut,” ujar Bang Ucok.

Sebagai koreografer Anjungan Jambi di TMII Bung Puput menyampaikan dengan hasil yang mereka peroleh cukup puas pada peringkat ke-3. Namun berharap pada lomba-lomba yang akan datang, panitia ataupun pengambil keputusan dapat menyesuaikan tampilan peserta lomba dengan tema, jika yang ditemakan itu mengenai tradisi melayu ya tadisi melayu nya diutamakan, bukan tradisi yang terdapat di setiap daerah kabupaten/ kota.

“Pada beberapa waktu yang lalu untuk kreasi Tari Melayu ini, Anjungan Jambi di TMII memperoleh Juara 1 lomba tari tingkat internasional dalam masa pandemi melalui media daring,” ujar Bung Puput.

Reporter: Muslimin
Editor:  MSO

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: