Namanya Jembut Kecabut, Tapi Dimakan?

Es dawet hitam khas Purworejo

PURWOREJO (KM) –  Bertempat di timur Jembatan Butuh, Kabupaten Purworejo, ada sebuah warung yang menjual es dawet hitam. Dia namakan Jembut Kecabut, dari asal kata Jembatan di daerah Butuh, Purworejo sehingga disingkat menjadi Jembut. Sedangkan Kecabut atau ketarik, sebagai kata untuk menarik perhatian, yang artinya tidak sengaja dicabut.

Ini adalah salah satu minuman khas Purworejo yang mengundang rasa penasaran sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Dawet hitam ini juga tersedia di sepanjang jalan Purworejo-Kebumen, dengan harga yang ringan di kantong.

Pemilik warung Wagiman mengatakan bahwa dawet hitam khas ini dirintis oleh kakeknya bernama Mbah Ahmad Dasri. Ia membuat minuman unik, awalnya hanya untuk dikonsumsi para petani ketika musim panen untuk barter dengan hasil tani. Dawet ini dijual keliling sawah untuk bisa mendapatkan tukaran hasil tani, seperti padi, kacang atau kedelai.

Setelah mbahnya meninggal, minuman tersebut kemudian dilestarikan Nawon anaknya, hingga cucunya yakni Wagiman, yang melanjutkan usaha dawet hitam ini bersama istrinya, Hartati. 

Advertisement

Penamaan yang jelek, jorok dan unik ini malah membuat pembeli makin penasaran, bertambah ramai dan populer. Pak Wagiman pun menceritakan lagi bagaimana cara pembuatannya pada hari Jumat 30/5 lalu.

“Bahan pembuatan dawet ini antara lain dari tepung sagu, dengan warna hitam yang berasal dari bakaran serbuk pohon padi atau oman. Air oman ini dicampur dengan tepung sagu, diaduk hingga rata.  Adonan kemudian dimasukkan dalam air mendidih dan diaduk sampai kental,” jelasnya.

“Adonan yang masih panas lalu dicetak dengan cetakan dari kayu berbentuk kotak yang berlubang- lubang kecil bagian bawahnya.  Tekan terus dari atas sehingga adonan yang sudah hitam, bulat dan panjang akan keluar dari lubang cetakan itu dan jadi dawet. Tapi ini beum bisa disajikan karena belum ada es dan pemanisnya,” lanjutnya.

Reporter: Evie

Editor: Redaksi

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: