Road Show “Musala Bergerak” jadi Cara Bupati Jepara Menyapa Warga di Bulan Ramadan

Bupati Jepara, Dian Kristiandi (dok. KM)
Bupati Jepara, Dian Kristiandi (dok. KM)

JEPARA (KM) – Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan safari Ramadan Bupati Jepara Dian Kristiandi kali ini menyasar ke sejumlah musala di kampung-kampung yang tidak banyak jamaahnya. Selain untuk menghindari kerumunan, kegiatan yang dinamai “Musala Bergerak” ini, juga untuk kembali mengingatkan masyarakat terhadap pandemi covid-19.

Sabtu 24/4, Bupati Jepara hadir di musala Nurul Hidayah, Desa Kuanyar RT 5 RW 1, Kecamatan Mayong. Ikut dalam rombongan, Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto bersama pimpinan perangkat daerah.

Maslikan, pengurus musala mengatakan bahwa kegiatan “Musala Bergerak” ini menunjukkan adanya kedekatan pemimpin dengan rakyatnya. Meskipun musala ini jauh dari pusat pemerintahan, namun orang nomor satu di Jepara berkenan hadir menyapa warga sekitar.

“Kami tidak menyangka, Bupati bersama rombongan berkenan hadir di musala yang kecil ini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” ujarnya.

Bupati mengatakan, tahun ini dirinya memang tidak menggelar safari di masjid-masjid sebagaimana tahun sebelumnya. Hal ini untuk menghindari kerumunan warga yang berpotensi penyebaran covid-19. Namun kali ini yang disasar adalah musala-musala kampung yang lokasinya jauh dari pusat keramaian.

Untuk mengingatkan masyarakat, Bupati juga menempelkan stiker penerapan protokol kesehatan 5 M.

Advertisement

“Saya mengajak kepada pengurus musala ini untuk ikut mensosialisasikan upaya pencegahan covid-19. Ada 3.000 lebih musala yang tersebar di 16 kecamatan. Ini harus dimaksimalkan untuk memutus mata rantai penyebaran corona,” jelas Bupati.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati menyerahkan sejumlah bantuan kepada musala berupa paket sembako, masker, face shield, dan hand sanitizer, puluhan bibit buah, hingga perlengkapan musala seperti sarung, mukena, sajadah dan Alquran.

“Mari kita bersama berdoa agar covid-19 ini, bisa segera hilang dari Bumi Kartini,” pungkasnya.

Selama bulan Ramadan, selain kegiatan Musala Bergerak, Bupati Jepara juga melaksanakan program “Ayo Mengaji” di sejumlah musala dan kantor pemerintahan bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Termasuk Puskesmas, kantor Kecamatan, Polsek, Koramil setiap usai salat zuhur selama sekitar 1 jam. Harapannya, kegiatan tersebut dapat meningkatkan spiritualitas pelayan masyarakat.

Selain itu juga akan dilaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an bersama Gus Muwafiq dari Yogyakarta, pada Senin 26/4 pukul 20.30 WIB. Masyarakat dapat mengikuti secara virtual melalui channel Youtube Pemerintah Kabupaten Jepara atau mendengarkan lewat Radio Kartini FM Jepara.

Reporter: Once
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*