Ruko di Pejuang ini Diduga Langgar Sederet Aturan Fasos Fasum

BEKASI (KM) – Sebuah bangunan ruko di wilayah Jalan Pejuang Jaya RT01/10 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, diduga melanggar peraturan terkait lahan fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos-fasum), dengan memanfaatkan lahan yang seharusnya untuk perparkiran menjadi bangunan.

Menurut informasi di lapangan, proses balik nama IMB ruko tersebut diterima oleh oknum pegawai kecamatan pemerintah Kota Bekasi inisial IY.

Menyikapi pemohon yang sudah melanggar peraturan karena menyerobot lahan fasos fasum, UPTD Wasbang Kecamatan Medan Satria mengaku sudah pernah melayangkan surat kepada pemilik ruko, namun tidak direspon.

“Waktu itu kita sudah pernah melakukan penyetopan, sampai kita layangkan surat pemanggilan. Dan untuk permasalahan ini sekarang sudah kita serehkan ke tim pengawas pengendalian (wasdal),” kata Firta dari UPTD Wasbang Medan Satria/Bekasi Utara kepada kupasmerdeka.com waktu lalu.

“Jadi dari hasil monitoring kita ke lapangan waktu itu, memang ada beberapa pelanggaran yang kita temukan di lokasi, seperti penambahan bangunan 3 unit di bagian atas, dengan kondisi bangunan di belakang yang dihabiskan dan lahan fasos fasum yang ingin dijadikan bangunan. Sebenarnya harus ada revisi untuk perluasan. Bukannya balik nama IMB saja yang mereka lakukan,” jelasnya.

Advertisement

Sementara itu, oknum pegawai kecamatan IY yang menerima berkas perizinan balik nama IMB ruko tersebut mengklaim bahwa dirinya tidak mengetahui.

“Saya tidak tahu di lapangan ada pelanggaran bangunan, karena sih pemilik atas nama Suyono waktu itu cuma hanya menyerahkan berkas pengajuan balik nama saja tiga unit, ya kalau untuk permasalahan PSU yang dijadikan bangunan saya sudah berkomunikasi dengan pemohon, kata dia itu cuma dibangun billboard,” ucap IY.

Terkait beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh pemilik bangunan, IY mengatakan bahwa pihaknya akan menegur pemohon. “Untuk sementara ini saya baru sampaikan masalah temuan kondisi bagian depan, kalau untuk penambahan bangunan yang atas dan bangunan belakang yang dihabiskan kita belum ada teguran,” katanya.

Reporter: Den
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: