Lansia Kecamatan Bogor Timur Jadi Sasaran Vaksinasi di RS BMC Mayapada Hospital

Kepala Departemen Publik Relation BMC Mayapada Hospital Bogor dr. Maria Linggar Pratiwi (dok.KM)
Kepala Departemen Publik Relation BMC Mayapada Hospital Bogor dr. Maria Linggar Pratiwi (dok. KM)

BOGOR (KM) – Vaksinasi covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) diselenggarakan BMC Mayapada Hospital Bogor dari tanggal 17 Maret sampai dengan 23 Maret 2021 dengan target 600 orang. Rumah sakit yang sebelumnya dikenal dengan Bogor Medical Center (BMC) tersebut menggelar vaksinasi covid-19 untuk lansia yang bertempat tinggal di wilayah Bogor Timur sesuai dengan arahan dan petunjuk Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor.

Hal itu diterangkan oleh Kepala Departemen Public Relations BMC Mayapada Hospital Bogor dr. Maria Linggar Pratiwi kepada KM pagi ini 19/3.

“Siapa saja lansia yang bisa mengikuti vaksin ini? Seluruh lansia bisa mengikuti, hanya saja dalam proses menuju vaksinasi ada alur skrining,” tambahnya.

“Ya ada skrining terlebih dahulu, yang nantinya akan menyaring apakah lansia tersebut bisa divaksin, ditunda vaksin, atau tidak boleh diberikan vaksin.”

“Contohnya peserta vaksin memiliki sakit diabetes mellitus, tetapi minum obat secara teratur, maka bisa divaksinasi, atau dengan hipertensi/darah tinggi, juga bisa divaksin dengan ketentuan, pada saat ditensi kurang dari 180/110 mmHg,” ujar Linggar.

Advertisement

Linggar menuturkan, apabila lansia ada yang memiliki komorbid (penyakit penyerta), yang memang membutuhkan rekomendasi dari dokter spesialis, maka akan ditunda terlebih dahulu sampai mendapatkan rekomendasi untuk vaksin.

“Dan juga apabila lansia tersebut pernah dinyatakan positif covid, maka ditunda dulu 3 bulan dari dinyatakan sembuh, baru bisa diberikan vaksinasi,” tutur Linggar.

Lebih lanjut Linggar mengatakan, cara mendaftar untuk vaksinasi dengan melapor pada RT, RW setempat atau Puskesmas setempat, untuk mendapatkan vaksinasi di BMC Mayapada Hospital Bogor, setelah itu lansia akan mendapatkan SMS untuk tanggal pelaksanaan vaksin.

“Kami BMC Mayapada Hospital Bogor sebagai RS swasta, mendukung program pemerintah yang dinamakan vaksin gotong royong. Karena kami ingin kasus covid-19 turun di Kota Bogor, agar Kota Bogor aman untuk bisnis, dan pariwisata serta menjamin kesehatan masyarakat di Kota Bogor,” pungkas Linggar.

Reporter: Ki Medi
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*