Lahan Milik Negara Muncul SHGB Pribadi, Pemkot Bogor Lepas Tangan: “Itu Aset Kemenkes”

Kabag Hukum dan HAM Pemkot Bogor Alma Wiranta (dok. KM)
Kabag Hukum dan HAM Pemkot Bogor Alma Wiranta (dok. KM)

BOGOR (KM) – Menyikapi polemik Setifikat Hak Guna Bangunan (HGB) nomor 1340 Kelurahan Menteng Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor pada bulan Juli 2020, Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Bogor Alma Wiranta menegaskan bahwa lahan tersebut bukan aset Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Setelah ditelusuri data dan segala halnya, lahan yang sudah dikeluarkan HGB atas nama pribadi tersebut bukan aset dari Pemkot Bogor. Namun itu merupakan aset dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI,” ungkap Alma kepada kupasmerdeka.com, Selasa 30/3.

“Tidak ada aset Pemkot Bogor di wilayah tersebut, walau memang lokasinya di Kota Bogor,” tambah Alma.

Alma juga mengatakan, aset tersebut ada hubungan dengan sebuah kerjasama Kemenkes RI dengan salah satu pengembang. “Jadi ada sebuah perjanjian dalam hal aset tersebut,” katanya.

“Perihal aset tersebut juga sudah ada proses pemeriksaan Inspektorat Kemenkes RI pada tahun 2021 ini, jadi itu tidak ada kaitan dengan pemerintah daerah,” ujar Alma.

Advertisement

Menurut Alma, berdasarkan informasi pemberitaan tersebut, jika memang tanah milik negara bisa menjadi tanah milik pribadi, ini ada proses yang tidak mudah begitu saja.

“Intinya perihal aset tersebut tidak berkaitan dengan Pemkot Bogor, jika ada kesalahan itu merupakan ranah Kemenkes, dan hasil pemeriksaan Inspektorat Kemenkes RI jika ada kesalahan bagaimana tindaklanjutnya, dan siapa yang akan bertanggung jawab?” pungkas Alma.

Dikeluarkannya Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) nomor 1340 atas nama Farida Rohadji untuk lahan yang berlokasi di Kelurahan Menteng, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, dengan luas tanah 852 meter persegi, masih menuai tanda tanya publik. Pasalnya, HGB yang dikeluarkan BPN Kota Bogor pada bulan Juli 2020 lalu belum ada kejelasan prosesnya, bagaimana sebuah aset negara bisa menjadi aset perorangan tanpa kejelasan. Bahkan hingga saat ini BPN Kota Bogor belum bisa menjelaskan secara jelas proses tersebut.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*