Sub Garnisun Kota Bogor, Apa Tugas dan Fungsinya?

BOGOR (KM) – Sub Garnisun (Subgar) 0606/Kota Bogor adalah satuan baru yang menjadi salah satu badan pelaksana Mabes TNI di bawah Komando Garnisun Tetap (Kogartap) II/Bandung. Hal tersebut disampaikan Kepala Subgar 0606/Kota Bogor Mayor Inf Muhammad Mustakim.

“Subgar 0606/Kota Bogor merupakan satuan baru yang memiliki garis Komando Mabes TNI. Merupakan pemekaran Kogartap II/Bandung, yang awal memiliki dua Subgar Bandung dan Cimahi,” ungkap Mustakim saat ditemui awak media di Kantor Subgar Jalan Parung Banteng, No 52 Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, 22/2.

“Dan ini amanah pertama saya menjadi Kepala Subgar Kota Bogor, yang merupakan satuan baru,” tambah Mustakim.

Mayor yang sebelumnya bertugas di Kesatuan Kopassus tersebut juga mengatakan, fungsi Garnisun sendiri diantaranya menyelenggarakan dinas kegarnisunan meliputi dinas jaga, dinas keamanan, patroli, protokoler, pemakaman, satuan lapangan pengamanan khusus (satlappamsus), kemudian melaksanakan pencegahan dan penindakan terhadap setiap prajurit TNI yang melanggar disiplin, tata tertib, sebagai tindakan awal sebelum dilimpahkan ke Polisi Militer.

Advertisement

“Ya kami Subgar juga memiliki fungsi dalam pencegahan dan penindakan bagi setiap prajurit TNI yang melanggar disiplin, tata tertib, sebagai tindakan awal sebelum dilimpahkan ke Polisi Militer,” jelas Mustakim.

Lebih lanjut Mustakim juga mengatakan, badan kesatuan baru ini di Kota Bogor secara tugas pokok memang belum maksimal karena satuan baru dan keterbatasan personil serta sarana dan prasarana.

“Namun kita sudah bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, baik dengan Satpol PP, Kesbangpol dalam membantu patroli, penegakan ketertiban, dan juga bersama satuan lain seperti Denpom, Kodim dan Korem,” pungkas Mustakim.

Reporter: ddy
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: