Peringati HPN, Wali Kota Tanjungbalai Turut Dampingi Wagub Sumut Kunjungi Museum Perjuangan dan Tokoh Pers

Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Tanjungbalai serta ketua PWI Sumatera Utara bersilaturahmi ke salah satu tokoh pers Sumut (dok. KM)
Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Wali Kota Tanjungbalai serta ketua PWI Sumatera Utara bersilaturahmi ke salah satu tokoh pers Sumut (dok. KM)

TANJUNGBALAI (KM) – Dalam peringatan Hari Pers Nasional tahun ini, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah didampingi Wali Kota Tanjungbalai M. Syahrial, Ketua PWI Sumut Hermansyah, Kepala OPD Pemprovsu dan insan pers melakukan kunjungan silaturrahmi ke salah satu tokoh pers perjuangan Sumut Muhammad TWH, yang juga pemilik Museum Perjuangan Pers di Jalan Sei Alas Nomor 6, Kecamatan Medan Petisah, Selasa 9/2.

Dalam kunjungan tersebut, Wagub Musa Rajekshah bersama rombongan berkeliling dan terpukau melihat berbagai koleksi surat kabar lama yang dipajang di museum tersebut dan juga berbincang dengan Muhammad TWH tentang berbagai hal mengenai perkembangn pers dan keberadaan Museum Perjuangan Pers.

“Ini rumah pribadi Bapak (Muhammad TWH) apa mau terus tetap dijadikan museum, karena saya melihat tempat ini tidak akan cukup untuk menampung semua koleksi yang Bapak miliki, nanti akan kita diskusikan dengan Pak Gubernur untuk mengupayakan lokasi yang bisa menampung koleksi Bapak, karena Bapak punya koleksi surat kabar yang sangat lengkap,” ujar Wagub di Museum Perjuangan Pers di Jalan Sei Alas

Menyahuti niat baik tersebut, Muhammad TWH terharu dan tidak mampu membendung air mata. Dengan terbata-bata ia menyampaikan, dari sejak pertama didirikan, museum tersebut tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Saya akan tetap pertahankan museum ini Pak, anak-anak sekolah banyak datang, untuk mengetahui kisah dari pahlawan yang ada di Sumut. Di sini semua terekam jelas kisah perjalan itu,” ujar tokoh pers berusia 88 tahun ini.

Advertisement

Menurutnya, di Jakarta dahulu ada museum pers yang kini telah berganti nama menjadi Monumen Pers Nasional. Ia pun optimis tempat ini satu-satunya museum pers yang paling lengkap koleksinya tentang surat kabar zaman dahulu, yang pernah ada di Indonesia.

Usai mendampingi Wagubsu, Wali Kota Syahrial menyampaikan selamat Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 kepada seluruh insan pers di Indonesia, Sumut dan juga khususnya di Kota Tanjungbalai.

“Semoga para insan pers di seluruh Indonesia tetap menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi yang akurat dan terpercaya, terlebih saat ini kita masih berjuang dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, dukungan dan sinergitas pemerintah dan insan pers sangatlah penting terutama dalam menangkal berita/informasi hoaks. Pers juga adalah jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme, serta menjaga harapan demi kedamaian dan keutuhan NKRI,” jelas Wali Kota.

“Sebagaimana tema Hari Pers Nasional 2021 ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’ saya berharap dan yakin para insan pers akan bekerja lebih kredibel dan independen dalam memberitakan informasi yang aktual,” tambahnya.

Reporter: Rizky
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: