Antisipasi Banjir, Warga Desa Karangmulya Gotong Royong Bangun Tanggul Darurat

SUBANG (KM) – Sejumlah warga Desa Karangmulya, Kecamatan Legonkulon, Kabupaten Subang, bergotong royong membuat tanggul darurat untuk mengantisipasi bahaya banjir yang melanda wilayah Pantura Subang pada 9-10 Februari 2021 lalu.

“Kami bersama masyarakat Desa Karangmulya membuat tanggul darurat di blok lapang desa, antisipasi banjir di wilayah Desa Karangmulya,” ucap Komeng Komarudin, Sekdes Karangmulya pada wartawan kemarin 11/2.

Kata Komeng, pembuatan tanggul darurat berfungsi untuk mengantisipasi rembesan tanggul Sungai Cipunagara, yang saat itu debit airnya sudah hampir meluap. “Dan akhirnya kami berhasil mengantisipasi rembesan sepanjang 170 meter,” terang Komeng.

Advertisement

“Juga dikarenakan keberadaan Sodetan Jimat (Bupati Rohimat) yang dibuat belum lama ini sepanjang 570 meter sudah mulai berfungsi dengan baik, sehingga tekanan air terhadap tanggul blok lapang tidak terlalu tinggi,” tambahnya.

Pihaknya pun berharap adanya penanganan yang maksimal secara permanen oleh BBWS Citarum Jawa Barat, “sebab yg kami lakukan kemarin sifatnya penanggulangan darurat,” tuturnya.

“Dan sebagai pandangan, untuk menindaklanjutinya, beberapa waktu lalu pernah ada kunjungan dari Kementerian PUPR ke blok lapang Desa Karangmulya,” tutur Komeng.

Reporter: lily, MSR
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: